KILAS

PT Telekomunikasi Indonesia International Jalin Kerja Sama dengan Swiss German University

Kompas.com - 01/09/2020, 08:21 WIB
CEO Telin, Sukardi Silalahi (kanan) dan Rektor SGU, Dr. rer. nat. Filiana Santoso usai penandatanganan MoU pengembangan SDM kedua belah pihak sebagai bentuk kolaborasi Program Tri Dharma Perguruan Tinggi, di Tangerang, Jumat (28/08/2020). Dok. Humas Telkom IndonesiaCEO Telin, Sukardi Silalahi (kanan) dan Rektor SGU, Dr. rer. nat. Filiana Santoso usai penandatanganan MoU pengembangan SDM kedua belah pihak sebagai bentuk kolaborasi Program Tri Dharma Perguruan Tinggi, di Tangerang, Jumat (28/08/2020).


KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), Sukardi Silalahi mengapresiasi kerja sama PT Telin dan Swiss German University (SGU) dalam Program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebagai informasi, SGU merupakan universitas yang memiliki standar internasional dalam sistem belajar mengajar, termasuk seluruh staf pengajar dan mahasiswanya.

"Kerja sama tersebut dilakukan melalui sharing knowledge atau berbagi ilmu dari karyawan Telin kepada mahasiswa SGU," kata Sukardi saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Swiss German University, Prominence Tower, Jumat (28/08/2020).

Sukardi menuturkan, dari kerja sama itu, Telin memperoleh dukungan dari SGU berupa pemikiran serta penelitian terkini.

Baca juga: Tahun Ini, Telin Klaim Pendapatan Naik 40 Persen

Lebih lanjut, Sukardi menjelaskan, kerja sama itu mencakup beberapa kegiatan, yaitu program penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai bidang keahlian, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Program penelitian dan pengabdian masyarakat memberikan peluang mahasiswa SGU mendukung inovasi dan pengembangan solusi dalam bidang digital yang dilakukan PT Telin," jelasnya.

Kemudian, untuk pembelajaran, Sukardi menjelaskan, PT Telin membuka kesempatan untuk manajemen maupun karyawannya menjadi dosen tamu di kelas maupun web seminar (webinar).

"Untuk penelitian, kami membuka kesempatan kedua pihak saling bertukar informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman atau pengujian atas solusi yang sedang dikembangkan Telin," tuturnya.

Baca juga: Setelah Dipagar Beton, Kampus SGU Pindah Sementara ke Alam Sutera

Menurut Sukardi, kerja sama tersebut akan memberikan nilai tambah untuk SGU dalam memberikan aplikasi terapan selain dari teori yang diterima di kelas.

"Telin dan SGU sudah memiliki program sosial kepada masyarakat, namun melalui kerja sama dari kedua institusi ini, manfaat yang diberikan kepada masyarakat akan semakin optimal," ujarnya.

Terkait hal itu, Rektor SGU, Filiana Santoso mengatakan kerja sama antara pihak swasta dan perguruan tinggi yang ditujukan untuk masyarakat adalah salah satu bentuk nyata dari implentasi Tri Dharma.

"Kerja sama ini juga akan memacu para mahasiswa untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing," kata Filiana seperti dalam keterangan tertulisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.