Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Banyak Negara yang Stimulus Ekonominya Belum Tunjukkan Hasil

Kompas.com - 01/09/2020, 18:50 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan banyak negara di dunia yang menggelontorkan stimulus besar-besaran namun hal stimulus tersebut belum memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja perekonomian.

Sri Mulyani mencontohkan, India yang sempat menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi di dunia justru kinerja perekonomiannya terjun bebas di kuartal II tahun ini. Padahal, pemerintahnya telah menganggarkan stimulus dan menyebabkan defisit anggaran India membengkak di kisaran 7,2 persen.

"India dalam hal ini (pertumbuhan ekonomi) negatif 23,9 persen, kontraksi kuartal II ini sesudah sebelumnya kontraksi pada kuartal I 4,1 persen," ujar Sri Mulyani ketika memberikan paparan dalam Badan Anggaran DPR RI, Selasa (1/9/2020).

Baca juga: Bank Dunia: 93 Persen Perusahaan Indonesia Tidak Menerima Stimulus Covid-19

"India selama ini merupakan ekonomi yang tumbuh tertinggi di dunia setelah mengambil alih China," ujar Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, merosotnya kinerja perekonomian di banyak negara di dunia diakibatkan oleh kebijakan lockdown atau restriksi kegiatan masyarakat yang berdampak terhadap perekonomian.

Sementara Indonesia sendiri hingga kuartal II-2020 mencatatkan pertumbuhan ekonomi negatif 5,29 persen, sementara kuartal I-2020 masih tumbuh positif 2,97 persen.

"Jadi di Indonesia diperkirakan defisit sesuai dengan Perpres 72, yakni -6,3 persen, sementara pertumbuhan ekonomi kuartal II -5,3 persen. Ini harus terus kita lihat dan desain agar setiap defisit APBN mampu menahan pemburukan ekonomi dan di sisi lain juga mampu untuk memulihkan ekonomi masyarakat," ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Per Juni 2020, Pemerintah Sudah Bayar Subsidi dan Stimulus Rp 28,8 Triliun ke PLN

Selain India, Sri Mulyani juga membandingkan dampak stimulus terhadap perekonomian di beberapa negara lain.

Untuk negara-negara anggota ASEAN, Malaysia mencatatkan defisit anggaran -6,5 persen untuk tahun 2020 dan kontraksi perekonomian pada kuartal II-2020 sudah sebesar -17,1 persen.

Filipina menargetkan defisit anggaran sebesar -7,6 persen hingga akhir tahun 2020. Namun demikian kinerja perekonomian pada kuartal II ini mengalami kontraksi cukup dalam, yakni -16,5 persen.

Sementara Thailand mengalami defisit cukup lebar tahun ini, yakni 2,8 persen tahun lalu menjadi -6 persen tahun ini. Di sisi lain, kegiatan ekonomi Thailand pada kuartal II-2020 masih negatif 12,2 persen.

"Demikian juga Singapura yang biasanya sangat prudent terhadap kebijakan fiskalnya tahun ini defisit fiskal mencapai 13,5 persen, dan mereka dihadapkan pada kontraksi perekonomian sebesar 13,2 persen," ujar Sri Mulyani.

"Kalau dibandingkan defisit APBN atau stimulus APBN yang dilakukan banyak negara dalam rangka tangani Covid-19 dan dalam rangka ekonomi menurun tajam, juga terlihat negara-negara yang perekonomian merosot tajam di kuartal II, defisit APBNnya jauh lebih dalam. Dan itu artinya mereka belum countercylcical, belum tunjukkan hasil," ujar Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com