Ratusan Pelaku UKM Dilatih agar Bisa Tembus Pasar Ekspor

Kompas.com - 01/09/2020, 18:51 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Eximbank atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menyelenggarakan pelatihan selama tiga hari (25-27 Agustus 2020) untuk para pelaku usaha kecil menengah berorientasi ekspor (UMBE) di kawasan Kalimantan, DI Yogyakarta dan Makassar (Sulawesi Selatan).

Corporate Secretary Eximbank Agus Windiarto mengatakan, pelatihan ini untuk membantu para pelaku usaha dan pelatihan menggunakan jaringan daring guna membantu pelaku UMBE untuk tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 ini.

Para pelaku UMBE ini tergabung dalam sebuah program jasa konsultasi yang diinisiasi oleh LPEI yaitu Coaching Program for New Exporter (CPNE).

Baca juga: Transaksi Belanja Online Meningkat, Mendag Minta UMKM Masuk ke Market Digital

Pelatihan ini merupakan pelatihan yang berkesinambungan yang dilakukan oleh LPEI dalam kurun waktu satu tahun guna meningkatkan capacity building, kemampuan pelaku UMBE dari sisi manajerial, juga meningkatkan daya saing produknya.

“Pelatihan ini bersifat tematik, kali ini kami memberikan pelatihan bagi pelaku UMBE di sektor industri makanan minuman, furnitur dan kerajinan serta hasil laut dan perkebunan. Animonya cukup tinggi jika dilihat pelaku UMBE yang mengikuti pelatihan ini hingga mencapai di atas 100 orang,” ujar Agus dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (1/9/2020).

Selama tiga hari para peserta mendapatkan pemahaman mengenai metode pembayaran internasional dan manajemen ekspor.

Hal ini merupakan pengetahuan dasar bagi para calon eksportir pada saat memasuki pasar ekspor.

Selain itu, juga ada pembelajaran mengenai pemasaran melalui e-commerce global yang sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini sebagai alternatif dari pemasaran offline.

Baca juga: Menkop Teten: Presiden Minta Ekspor UMKM Naik Dua Kali Lipat

“Selain mendapatkan pengetahuan seputar metode pembayaran internasional dan manajemen ekspor, para pelaku usaha juga akan dibimbing dari dasar sampai mereka mampu dalam menggunakan e-commerce global sebagai saluran distribusi alternatif dalam memasarkan produk dan jasa mereka” ujar Hendra Soe, praktisi ekspor yang menjadi narasumber pada pelatihan tersebut.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X