Kompas.com - 02/09/2020, 14:46 WIB
Pengusaha yang juga politikus Sandiaga Uno saat menghadiri Custom Week Kotoko x Kasual di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Pengusaha yang juga politikus Sandiaga Uno saat menghadiri Custom Week Kotoko x Kasual di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemenuhan kebutuhan pokok hal mutlak. Tapi di masa pandemi protokol kesehatan mengharuskan pembatasan jarak.

Ditambah lagi pandemi menyebabnya penurunan daya beli lantaran memukul ekonomi. Nah solusinya, masyarakat harus mendapatkan kebutuhan pokok langsung dari produsen.

Maka, pengusaha Sandiaga Uno meluncurkan perusahaan rintisan (startup) bertajuk Sembapur.

Baca juga: Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha, Sandiaga Uno: Kunci Suksesnya Itu Dimulai dari Minat

"Ini platform online yang menawarkan kebutuhan pokok dengan sumber barang dari tangan pertama, pasokan yang terjamin dan harga terbaik. Saya menggagas Sembapur agar dapat membantu masyarakat kurang mampu. Sekaligus mengajak entrepreneur lain bangkit bersama melalui foodpreneur,” kata Sandiaga, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (1/9).

Kehadiran startup ini juga mengakomodir prioritas utama pemerintah menjaga ketahanan pangan nasional.

Sembapur dapat bersinergi dengan foodpreneur di beberapa daerah. Sehingga mempercepat terciptanya food estate di daerah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Sandi Uno pihaknya memberikan aksesibilitas, kemudahan, pendampingan dan kompetisi harga. Agar bisnis foodpreneur dapat bertumbuh dan menjadi solusi keberlangsungan bisnis.

Baca juga: Susi Pernah Borong 30 Pesawat, Sandiaga Uno: Kayak Beli Kacang

Sembapur sudah menggandeng BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, Food Station Tjipinang Jaya. Untuk sementara Sembapur beroperasi di Jabodetabek.

Ke depan Sembapur dikembangkan di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jwa Timur. Dan tahun 2021 akan bergerak di Makassar, Sulawesi Selatan dan Medan, Sumatera Utara.

“Dengan memanfaatkan industri 4.0 para pelaku usaha bisa mendapatkan sumber barang dengan pasokan yang terjamin dan harga terbaik, serta pasar yang tidak terbatas. Dengan tumbuhnya pelaku usaha bersama Sembapur maka juga akan membuka lapangan pekerjaan baru,” terang Sandiaga. (Ahmad Febrian)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sandiaga Uno mendirikan start up sembako, klaim memberikan harga yang bersaing

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.