Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royke Tumilaar Bantah Ajak Silvano Rumantir ke BNI

Kompas.com - 02/09/2020, 17:36 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (BNI) baru saja melangsungkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) dengan agenda perubahan susunan direksi.

Hasil RUPS menyatakan, Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar didapuk menjadi Direktur Utama BNI. Royke diangkat bersama 4 petinggi Bank Mandiri lainnya, yaitu Silvano Winston Rumantir, David Pirzada, Muhammad Iqbal, Novita Widya Anggraini.

Mencuatnya nama Silvano Winston Rumantir yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri disebut-sebut karena Royke menariknya ke kursi kepemimpinan BNI.

Baca juga: Dari Bos Bank Mandiri, Royke Tumilaar Digeser Jadi Dirut BNI

Namun, hal itu dibantah oleh Royke. Pemilihan Silvano ke kursi direksi BNI sepenuhnya merupakan hak pemegang saham.

"Ini tentunya yang memutuskan Pak Silvano ikut pindah itu bukan saya, yang memutuskan adalah pemegang saham," kata Royke dalam konferensi video, Rabu (2/9/2020).

Royke menuturkan, didapuknya Silvano sebagai Direktur Corporate Banking tak lepas karena pengalaman bankir muda ini. Tercatat, Silvano beberapa kali menduduki jabatan penting di Bank Mandiri.

"BNI itu kurang lebih hampir sama dengan Bank Mandiri. Kekuatannya (core bisnis/bisnis utamanya) juga di korporasi. Dan Pak Silvano punya kekuatan di situ," paparnya.

Bankir muda ini sempat menjabat sebagai Senior Executive Vice President Corporate Banking sejak November sampai Desember 2019 dan sebagai Direktur Utama Mandiri Sekuritas sejak 2016 sampai 2019.

Kemudian, Silvano diangkat menjadi Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri dalam RUPS Luar Biasa pada 9 Desember 2019 bersamaan dengan pengangkatan Royke.

"Jadi dengan pengalaman seperti itu, saya rasa pemegang saham juga melihat bahwa Pak Silvano fit untuk menduduki jabatan sebagai Direktur Corporate Banking," pungkasnya.

Baca juga: Bankir Bank Mandiri Diangkat jadi Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com