Ini Alasan Erick Thohir Pindahkan 5 Petinggi Bank Mandiri ke BNI

Kompas.com - 02/09/2020, 19:13 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020). Dok. Divisi Humas PolriMenteri BUMN Erick Thohir di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru saja menggeser lima petinggi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk ditempatkan di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Kelima orang tersebut, yakni Royke Tumilaar, Silvano Winston Rumantir, David Pirzada, Muhammad Iqbal, Novita Widya Anggraini.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, perpindahan ini merupakan hal yang wajar di dalam sebuah perusahaan.

Baca juga: Dari Bos Bank Mandiri, Royke Tumilaar Digeser Jadi Dirut BNI

“Ini kan dari bank ke bank, biasa itu, apalagi tour of duty antar BUMN, biasa. Jadi jangan dilihat ini dari Bank Mandiri, bukan gitu. Ini tour of duty saja,” ujar Arya, Rabu (2/9/2020).

Selain itu, kata Arya, Erick Thohir telah menargetkan agar ke depan BNI bisa go global. Atas dasar itu, Erick mencari orang-orang yang dinilai kompeten bisa membawa BNI berkancah di dunia perbankan internasional.

“Artinya pak Erick serius banget agar BNI go global dan dia bukan mencari orang-orang yang level biasa saja, (Bank) Mandiri tuh lebih tinggi dibandingkan BNI untuk kapitalisasi asetnya. Ini dirutnya yang diambil. Ini tujuannya untuk go global BNI,” kata Arya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, sejumlah nama-nama di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melenggang ke kursi kepemimpinan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Baca juga: Royke Tumilaar Bantah Ajak Silvano Rumantir ke BNI

Nama-nama tersebut dipilih oleh para pemegang saham BNI usai menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) dengan agenda perubahan susunan direksi hari ini, Rabu (2/9/2020).

Nama-nama direksi yang digeser ke BNI antara lain, Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Silvano Rumantir, dan Senior Executive Vice President Wholesale Risk Bank Mandiri David Pirzada.

Kemudian, Senior Vice President SME Banking Muhammad Iqbal, dan Senior Vice President Strategy & Performance Management Bank Mandiri Novita Widya Anggraini.

Di BNI, Royke kembali menduduki kursi Direktur Utama, menggantikan Herry Sidharta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.