Produk Baru KUR Perbankan untuk Pelaku Usaha Mikro

Kompas.com - 03/09/2020, 15:30 WIB
Ilustrasi kredit. SHUTTERSTOCKIlustrasi kredit.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah resmi ditunjuk pemerintah sebagai salah satu penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR), BNI Syariah meluncurkan produk BNI KUR iB Hasanah pada awal September 2020.

Adapun target penyaluran BNI KUR iB Hasanah di tahun 2020 ini sebesar Rp 700 miliar, dengan komposisi Rp 350 miliar untuk KUR Mikro dan Rp 350 miliar untuk KUR Kecil yang akan disalurkan kepada 68 Kantor Cabang BNI Syariah.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi mengatakan penyaluran program KUR pemerintah dengan suku bunga sebesar 6 persen efektif per tahun atau margin anuitas atau flat yang setara.

Baca juga: Pabrik Jadi Klaster Covid-19, Erick Thohir Ingatkan Pengusaha

Ia berharap produk pembiayaan BNI KUR iB Hasanah bisa memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM dan penyerapan tenaga kerja.

“Diharapkan bisa memaksimalkan pengembangan bisnis pembiayaan mikro BNI Syariah dan membantu mensukseskan program pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan dan perekonomian rakyat,” kata Iwan melalui siaran media, Kamis (3/9/2020).

Iwan mengatakan, dalam pembiayaan KUR iB Hasanah ini, penyaluran dilakukan secara langsung kepada individu atau pengusaha mikro, melalui komunitas salah satunya pesantren sehingga diharapkan prosesnya bisa lebih cepat.

Baca juga: Anggaran Infrastruktur Lebih Tinggi dari Kesehatan, Faisal Basri Sentil Pemerintah

BNI KUR iB Hasanah disalurkan ke beberapa sektor usaha diantaranya pertanian atau perkebunan, peternakan, perdagangan, restoran, industri pengolahan, pengangkutan, komunikasi dan jasa lainnya.

Guna memaksimalkan penyaluran KUR, BNI Syariah menyusun program Awal Kebaikan KUR (AKUR Hasanah). Periode program AKUR Hasanah berlangsung sampai dengan 1 Desember 2020.

Ada dua produk yang digunakan yaitu BNI KUR Mikro iB Hasanah dan BNI KUR Kecil iB Hasanah. BNI Syariah menyediakan hadiah menarik bagi pengusaha terbaik yang mengikuti program AKUR, diantaranya 10 tabungan haji, 25 sepeda lipat, dan 100 cashback tabungan.

Sebagai informasi, sampai triwulan II tahun 2020, BNI Syariah mencatatkan realisasi pembiayaan mikro sebesar Rp 1,53 triliun dengan jumlah nasabah sebanyak 12.254. Sampai akhir tahun diharapkan target pembiayaan mikro BNI Syariah mencapai Rp 1,63 triliun.

Baca juga: Soal Vaksin Mandiri, Erick Thohir: Bukan Berarti yang Bayar Didahulukan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X