5 Strategi yang Bisa Dicoba Perusahaan untuk Menghadapi Resesi

Kompas.com - 04/09/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi tim karyawan perusahaan Shutterstock.comIlustrasi tim karyawan perusahaan

KOMPAS.com - Strategi ABCDE pada hakikatnya adalah singkatan dari beberapa tahap yang secara langsung dan tidak langsung akan mampu mengembangkan serta memperbaiki kinerja seseorang, dan kinerja perusahaan. Khususnya, dalam rangka mengantisipasi kondisi resesi yang diperkirakan akan segera terjadi pada kuartal III, 2020.

ABCDE adalah singkataan dari Ahead, Beyond, Champion, Deliver, Excellence. Disusun sedemikian rupa untuk memudah kita mengingat dan memahaminya, sehingga akan lebih mudah lagi dalam mengimplementasikannya.

Baik kita mulai saja dengan tahap pertama, yaitu A.

A adalah Ahead artinya lebih awal, lebih dahulu atau lebih cepat. Strategi ini sangat terbukti ampuh untuk membuat seseorang dan perusahaan menjadi selalu beruntung, meskipun dalam kondisi resesi.

Baca juga: Siap-siap Resesi, Lakukan 4 Hal Ini Agar Kondisi Finansial Aman

Lantas apa buktinya?

Dengan Strategi Ahead, dalam konteks penjualan misalnya mereka yang datang lebih awal kepada pelanggan, secara relatif akan memetik lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan mereka yang terlambat datang mengunjungi pelanggan.

Jadi Ahead adalah tentang kecepatan yang dilakukan diatas rata-rata pada umumnya, maka jika kita melakukan Ahead, Anda atau perusahaan Anda bukan menjadi orang atau korporasi yang rata-rata saja, dan dengan kenyataan ini kita sesungguhnya telah berhasil mengantisipasi segala kondisi yang mungkin terjadi!

B adalah Beyond artinya melampaui, melebihi atau bergerak di atas rata-rata, Strategi kedua ini bermanfaat membuat seseorang dan perusahaan semakin tahan bnating setelah mengimplementasikan startegi yang pertama di atas.

Go Beyond dapat diaplikasikan dalam konteks korporasi dan bisnis, sebagai contoh jika kita mampu melampaui harapan pelanggan, sudah pasti kita akan beruntung karena membuat mereka sangat happy dan loyal.

Sehingga kemungkinan mendapatkan repeat order menjadi meningkat, dan tentu ini akan membuat perusahaan semakin kuat untuk bisa bertahan dalam kondisi resesi, meskipun bisa jadi permintaannya menurun diakibatkan daya beli yang lemah!

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X