Pendaftar Kartu Prakerja Mencapai 15,9 Juta Orang dalam 5 Bulan

Kompas.com - 05/09/2020, 13:25 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020). ANTARA FOTOWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pertama kali bergulir pada 11 April 2020 lalu, Program Kartu Prakerja mengundang antusiasme yang besar untuk mendaftar.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, sejak gelombang I hingga VI sudah ada 15,9 juta orang yang mendaftar melalui laman resmi Program Kartu Prakerja.

Dari enam gelombang pendaftaran, pemerintah menetapkan 3 juta penerima Kartu Prakerja dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Sebanyak 849.921 orang di antaranya telah menyelesaikan pelatihan pertama.

Baca juga: Sudah 15,9 Juta Orang yang Daftar Kartu Prakerja, Pemerintah Minta Pemda Bantu Sosialisasi

Tetapi, baru 610.563 orang yang sudah menerima insentif.

Sekarang, dalam ekosistem Program Kartu Prakerja, terdapat tujuh platform digital, empat mitra pembayaran, dan 165 lembaga pelatihan yang menyediakan lebih dari 2.000 jenis pelatihan bagi peserta.

"Jumlah ini akan terus meningkat seiring bertambahnya mitra dan jenis pelatihan," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono, Jumat (4/9/2020).

Setelah berjalan sekitar lima bulan, berdasarkan hasil survei evaluasi pertama terhadap lebih dari 450.000 penerima Kartu Prakerja, pemerintah menyimpulkan Program Kartu Prakerja sudah tepat sasaran.

Sebab, 100 persen menyasar pengangguran dan pekerja informal. (Lidya Yuniartha)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pendaftar Kartu Prakerja mencapai 15,9 juta orang dalam lima bulan



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X