Wawancara Kerja via Daring? Hindari 4 Kesalahan ini

Kompas.com - 07/09/2020, 10:21 WIB
. SHUTTERSTOCK.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingginya tingkat pengangguran dan mengikuti wawancara kerja via daring di era normal baru tampaknya bisa menjadi momen menegangkan.

Tapi seperti bentuk berbicara di depan umum lainnya, mempersiapkan wawancara berarti memikirkan apa yang diinginkan pewawancara Anda, yakni melihat kandidat menarik yang dapat dengan jelas mengartikulasikan kemampuan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kepala Akuisisi Bakat Global Phil Haynes mengatakan, hanya sedikit orang yang mempunyai cara bagus apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam wawancara kerja via video.

Dia telah mewawancarai ribuan kandidat, dan melihat ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh kandidat.

Baca juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja, Simak Syaratnya di Sini

Untuk itu, dia membagikan 4 kesalahan paling menjengkelkan yang membuat calon karyawan tak menarik untuk dipertimbangkan. Berikut ini kesalahan-kesalahannya.

1. Terlalu gelisah dan banyak mengintip ponsel

Bagi kamu yang hendak melakukan wawancara via daring, Haynes menyarankan untuk tidak gelisah dan mengintip ponsel terus-menerus.

"Jangan gelisah. Saat wawancara langsung, jangan pernah melihat ponsel kamu. Ini bukan perilaku yang kamu tunjukkan dalam kehidupan nyata. Jadi kami mengingatkan orang bahwa wawancara video masih wawancara tatap muka," kata Haynes mengutip CNBC, Senin (7/9/2020).

Kiat lainnya, kamu perlu menghidupkan suasana, baik saat berbicara maupun saat mendengarkan. Tunjukkan bahwa kamu mendengarkan pewawancara dengan bahasa tubuh kamu.

Caranya adalah mengangguk bila perlu, condongkan tubuh ke depan, tersenyum dengan tulus, dan pertahankan gerakan seminimal mungkin.

Baca juga: Catat, 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X