Dipercaya Jokowi Pimpin LPS, Siapa Purbaya Yudhi Sadewa?

Kompas.com - 07/09/2020, 10:40 WIB
Purbaya Yudhi Sadewa KOMPAS.com/Sabrina AsrilPurbaya Yudhi Sadewa

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo telah menyetujui susunan Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS) yang baru.

Purbaya Yudhi Sadewa akan menggantikan Halim Alamsyah sebagai Ketua Dewan Komisioner LPS. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Eksekutif LPS yang baru, Lana Soelistianingsih.

"Sudah ada keputusan Presiden untuk Pak Purbaya," kata Lana kepada Kompas.com, Senin (7/9/2020).

Baca juga: 20 Bank Umum dan 124 BPR Ajukan Penundaan Bayar Premi LPS

Lana menuturkan, Halim tak bisa diangkat kembali menjadi dewan komisioner karena usianya yang sudah mencapai batas maksimum. Mengacu UU 24/2004 tentang LPS, maksimum usia calon adalah 63 tahun.

Masa jabatan Halim akan habis pada 24 September 2020 mendatang.

"Pak Halim tidak bisa diangkat lagi karena melewati batas maksimum usia ketua DK LPS," tuturnya.

Lantas, siapa Purbaya Yudhi Sadewa?

Sebelum menjadi Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Pria berusia 56 tahun ini lahir di Bogor, 7 Juli 1964. Purbaya merupakan sarjana jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia pun melanjutkan studinya dan memperoleh gelar doktor dari Purdue University, Indiana, Amerika Serikat.

Meski bukan seorang bankir, nama Purbaya malang-melintang di lingkungan pemerintahan. Purbaya sempat menjadi Deputi Staf Kepresidenan. Sama seperti di Kemenko Marves, saat itu Luhut Binsar Pandjaitan juga menjadi atasan langsungnya.

Baca juga: Anak Buah Luhut Dilantik Jadi Dirjen Minerba Kementerian ESDM

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X