Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Agustus, Realisasi Lifting Minyak Lampaui Target

Kompas.com - 07/09/2020, 12:13 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, kinerja hulu minyak dan gas (migas) menunjukkan perkembangan cukup baik meski masih berada di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut terefleksikan dengan realisasi lifting minyak yang melampaui target APBN Perubahan (APBN-P).

Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih melaporkan, realisasi lifting minyak nasional per 31 Agustus 2020 sebesar 706.900 barel minyak per hari (bopd) atau 100,3 persen dari target APBN-P yaitu 705.000 bopd.

"Meskipun kondisi pandemi tidak juga membaik, namun kami bersama KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) berhasil menjalankan program kerja sesuai dengan target yang ditetapkan. Kami bersyukur lifting migas secara year to date di Agustus melampaui target,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (7/9/2020).

Baca juga: BUMN Asabri Buka Lowongan Kerja untuk Banyak Posisi, Ini Syaratnya

Susana menambahkan bahwa di sisa empat bulan mendatang pihaknya akan fokus pada upaya mitigasi resiko, sehingga kendala-kendala produksi dapat diatasi.

“Kami akan evaluasi sekiranya ada pekerjaan operasi produksi yang bisa dipercepat. Tentunya juga melakukan mitigasi resiko agar angka lifting dapat dipertahankan hingga akhir tahun,” katanya.

Sedangkan untuk realisasi salur gas, SKK Migas mencatat sebesar 5.516 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) atau 99,3 persen dari target APBN-P yakni 5.556 mmscfd.

“Kami lihat serapan gas oleh para konsumen di Agustus sudah membaik dibanding bulan-bulan sebelumnya. Untuk itu kami optimis, dengan semakin baiknya perekonomian di bulan-bulan mendatang maka serapan juga akan naik,” tuturnya.

Baca juga: Ekonomi Tertekan Covid-19, Ini Jumlah Cadangan Devisa RI

Selain fokus pada program kerja yang sudah ditetapkan, SKK Migas juga melakukan beberapa langkah optimasi agar lifting migas nasional dapat mencapai target.

“SKK Migas saat ini tengah merealisasikan enam langkah extraordinary efforts untuk memastikan lifting migas nasional mencapai target sehingga dapat memberikan penerimaan negara yang optimal pada masa sulit seperti sekarang ini,” ucap Susana.

Baca juga: Wawancara Kerja via Daring? Hindari 4 Kesalahan ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com