Gelar Pameran Virtual, Pertamina Hadirkan 1.226 Mitra UMKM Binaan

Kompas.com - 08/09/2020, 11:42 WIB
Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Nicke Widyawati. KOMPAS.com/Hendra CiptoDirektur Utama (Dirut) PT Pertamina Nicke Widyawati.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menggelar pameran UMKM virtual bertajuk Pertamina SMEXPO 2020. Pameran virtual tersebut akan mulai dilaksanakan besok, 9 September hingga 11 September mendatang.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan, gelaran Pertamina SMEXPO 2020 akan diikuti langsung oleh 1.226 UMKM mitra binaan perseroan. Berbagai produk, mulai dari herbal hingga kerajinan tangan akan ditawarkan dalam gelaran pameran virtual tersebut.

"Pertamina SMEXPO kita persembahkan memberikan kesempatan para UMKM Pertamina," katanya, dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Menkop Teten soal BLT UMKM Rp 2,4 Juta Diperpanjang

Menurut Nicke, UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional. Oleh karenanya, BUMN energi itu telah membina lebih dari 63.000 UMKM dengan nilai penyaluran pendanaan hingga Rp 3,5 triliun sejak 1993.

"Pembinaan UMKM yang diamanahkan Pertamina sebagaimana diundangkan undang-undang," ujarnya.

Merebaknya Covid-19 sejak awal Maret lalu, telah memberikan pukulan telak kepada sebagian besar pelaku UMKM. Nicke mencatat, sekitar 57 persen mitra UMKM binaan Pertamina terdampak oleh pandemi tersebut.

Dengan adanya pameran UMKM secara virtual ini, diharapkan dapat membantu kembali para mitra binaan memasarkan produknya tanpa perlu bertatap muka langsung.

"Sehingga kita harapkan tentunya para UMKM dapat bertahan di tengah kondisi Covid-19," kata Nicke.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi pameran virtual SMEXPO 2020, dapat mengakses langsung situs www.pertaminasmexpo.com. Nantinya, selama 3 hari Pertamina akan menyajikan berbagai gelaran acara, mulai dari fashion show hingga penampilan artis ibu kota.

"Pertamina berharap UMKM dapat mempertahankan eksistensinya dan menjadi motor penggerak perekonomian," ucapnya.

Baca juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Menteri Teten: Uangnya Diputar...



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X