Gelar Pameran UMKM Virtual, Pertamina Targetkan Transaksi Rp 7,5 Miliar

Kompas.com - 08/09/2020, 12:39 WIB
Selain pameran produk UMKM, Pertamina SMEXPO 2020 juga diisi sederet artis Tanah Air. (Dok. Pertamina) Selain pameran produk UMKM, Pertamina SMEXPO 2020 juga diisi sederet artis Tanah Air.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menggelar pameran UMKM virtual bertajuk Pertamina SMEXPO 2020. Pameran virtual tersebut digelar guna membangkitkan kembali kinerja mitra binaan perseroan yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Pameran yang akan digelar sejak 9 hingga 11 September mendatang itu akan menggandeng 1.226 mitra UMKM binaan Pertamina, dengan empat kategori produk utama yakni, makanan dan minuman, agribisnis, mebel, hingga fashion.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Tajudin Noor menargetkan, selama 3 hari pameran virtual tersebut dapat dikunjungi oleh 10.000 pengunjung. Pasalnya, dengan digelarnya pameran secara virtual, tidak ada batasan ruang bagi pengunjung untuk hadir.

"Kita harapkan ada transaksi target penjualan Rp 7,5 miliar," katanya, dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Pertamina Dinilai Perlu Selesaikan Pembangunan Kilang Sebelum Hapus Premium dan Pertalite

Dengan masih tingginya angka penyebaran Covid-19, pameran virtual ini diharapkan dapat menjadi platform para mitra UMKM Pertamina untuk memasarkan produknya, hingga kancah internasional.

"Diharapkan mitra UMKM bisa bangkit dan survive dari keterpurukan ekonomi," ujar Tajudin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyebutkan Covid-19 sejak awal Maret lalu, telah memberikan pukulan telak kepada sebagian besar pelaku UMKM. Nicke mencatat, sekitar 57 persen mitra UMKM binaan Pertamina terdampak oleh pandemi tersebut.

Dengan adanya pameran UMKM secara virtual ini, diharapkan dapat membantu kembali para mitra binaan memasarkan produknya tanpa perlu bertatap muka langsung.

"Sehingga kita harapkan tentunya para UMKM dapat bertahan di tengah kondisi Covid-19," kata Nicke.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi pameran virtual SMEXPO 2020, dapat mengakses langsung situs www.pertaminasmexpo.com. Nantinya, selama 3 hari Pertamina akan menyajikan berbagai gelaran acara, mulai dari fashion show hingga penampilan artis ibu kota.

"Pertamina berhapar UMKM dapat mempertahankan eksistensinya dan menjadi motor penggerak perekonomian," ucapnya.

Baca juga: Gelar Pameran Virtual, Pertamina Hadirkan 1.226 Mitra UMKM Binaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.