Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Salurkan Kredit Mikro untuk 500.000 Mitra UMKM Telkomsel

Kompas.com - 08/09/2020, 16:24 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggandeng Telkomsel dan LinkAja untuk menyalurkan fasilitas kredit mikro produktif bagi mitra Telkomsel terpilih melalui aplikasi digital Digipos.

Nantinya, pembiayaan ini disalurkan secara nontunai melalui LinkAja kepada mitra Telkomsel yang telah mengajukan permohonan di aplikasi Digipos.

Kepastian pinjaman kemudian dapat diperoleh dalam waktu kurang dari 24 jam dan keseluruhan proses dilakukan secara digital tanpa tatap muka.

Baca juga: Menkop Teten soal BLT UMKM Rp 2,4 Juta Diperpanjang

Pinjaman ini nantinya akan dapat diakses oleh lebih dari 500.000 mitra eksisting Telkomsel sebagai tambahan modal usaha untuk membeli stok pulsa dan paket data Telkomsel.

“Kerja sama ini mendukung upaya Bank Mandiri untuk memperluas jangkauan kepada pelaku UMKM dengan metode yang non-konvensional, yaitu melalui skema digital lending. Skema ini cocok untuk diterapkan di kala pandemik karena seluruh prosesnya digital sehingga minim sekali kontak fisik,” ujar Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/9/2020).

Hery menjelaskan, untuk memastikan kualitas penyaluran kredit yang baik, dilakukan kolaborasi data dari ketiga perseroan untuk membentuk alternatif scoring yang dipakai untuk menilai kelayakan kredit dari mitra Telkomsel.

“Untuk tahap pertama mitra UMKM Telkomsel, kita sifatnya uji coba limitnya Rp 2 juta-Rp 5 juta, nanti sambil jalan akan lihat dulu karena ini enggak ada aset yang jadi agunan,” kata Hery.

Baca juga: Menaker Ajak Karyawan Penerima Subsidi Gaji Belanja Produk UMKM

Dia juga menyampaikan bahwa kerja sama ini juga adalah bentuk komitmen Bank Mandiri untuk berpartisipasi dalam inisiatif Open Banking. Dengan penerapan teknologi berbasiskan API, integrasi dengan mitra Bank Mandiri dapat dilakukan dengan mudah.

Dalam waktu dekat, Bank Mandiri akan membuka akses ke lebih banyak lagi layanan perbankan melalui API.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com