BLT UMKM, Menkop Teten: Belum Ada Informasi Penyaluran Salah Sasaran

Kompas.com - 09/09/2020, 15:50 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berkunjung ke pasar Beringharjo, Yogyakarta, Rabu (5/8/2020). Humas Kemenkop UKM Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berkunjung ke pasar Beringharjo, Yogyakarta, Rabu (5/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan, penyaluran program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta yang diberikan ke pengusaha mikro, hingga saat ini masih tepat sasaran.

"Sampai hari ini alhamdulliah belum ada informasi penyaluran salah sasaran. Tidak ada keluhan, masih tepat sasaran," ujarnya melalui jumpa pers virtual, Rabu (9/9/2020).

Menurutnya, bantuan ini masih berjalan seseuai yang diharapkan berkat kolaborasi dan bantuan dari beberapa lembaga keuangan hingga kementerian, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca juga: Menkop Teten soal BLT UMKM Rp 2,4 Juta Diperpanjang

Melalui program ini, kata dia, Kemenkeu membantu pihaknya dalam hal memvalidasi data yang digunakan melalui Sistem Informasi Kredit Program alias SKIP.

"Kerja sama ini kami lakukan untuk memastikan bahwa penerima bantuan belum pernah mendapat pinjaman dari bank manapun," ucapnya.

Tak hanya itu, sejak dari awal program BLT UMKM diluncurkan pun, pihaknya telah menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk membantu pendataan.

Sementara itu, terkait jumlah penyaluran BLT per 3 September 2020 telah diberikan ke 5,59 juta pelaku usaha mikro.

Baca juga: Penyerapan BLT UMKM Rp 2,4 Juta Sudah Lebih dari 61 Persen, Ini Rinciannya

Program ini pun rencananya akan dilanjutkan hingga tahun depan karena jumlah peminatnya cukup banyak.

"Masih banyak yang ingin program ini, sebab jumlah pelaku UMKM di Tanah Air 64 juta lebih, 63 juta diantaranya adalah pelaku usaha mikro. Jadi di rapat Presiden kemarin kami mengusulkan program ini berlanjut hingga tahun depan," ungkapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X