Ada Pandemi, Industri Lisensi Tumbuh Pesat

Kompas.com - 09/09/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi pandemi covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi pandemi covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) Susanty Widjaya menyatakan semenjak mewabahnya pandemi Covid-19, industri lisensi di Indonesia berkembang pesat.

"Sejak pandemi industri lisensi di Indonesia itu berkembang pesat. Lisensi itu terdiri lisensi hak cipta, lisensi paten, dan hasil seni karakter," ujarnya dalam Press Conference IFRA Virtual Expo, Rabu (9/9/2020).

Namun sayangnya untuk angka dan jumlah pertumbuhannya, Susanty masih belum bisa menyebutkan secara gamblang. Sebab, kata dia, hingga saat ini data-datanya masih sedang diproses dan dikumpulkan.

Baca juga: Banyaknya Kementerian Terlibat Hambat Pengembangan Industri Hasil Tembakau

Yang jelas sebut dia, jumlah industri lisensi meningkat karena melihat jumlah pemain baru yang berasal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bertambah. Ditambah lagi dengan adanya peningkatan yang terjadi pada sektor ekonomi kreatif khususnya pada industri franchise.

Adapun industri lisensi yang sedang naik daun, disebutkan Susanty, adalah alat kesehatan dan obat-obatan.

"Pandemi membuat orang lebih aware dengan kesehatannya, makanya produk-produk alat kesehatan seperti obat juga meningkat," ucapnya.

Selain itu, lisensi teknologi juga mengalami hal yang serupa, seturut dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan teknologi digital untuk meeting seperti Zoom dan aplikasi digital untuk menonton seperti Netflix.

"Sekarang banyak anak sekolah, mahasiswa bahkan para karyawan menggunakan Zoom. Mereka belajar dari Zoom dan rapat pun menggunakan Zoom. Netflix juga sama, jadi memang industri inilah yang berkembang pesat selama pandemi ini," ungkapnya.

Baca juga: Erick Thohir: Jakob Oetama Adalah Mentor Saya di Industri Media



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X