Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Dibuka Melemah Tipis Pagi Ini

Kompas.com - 10/09/2020, 09:50 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang di transaksikan di pasar spot pagi ini dibuka melemah tipis pada Kamis (10/9/2020).

Melansir Bloomberg, pukul 09.10 WIB rupiah dibuka melemah pada level Rp 14.810 per dollar AS, atau turun 11 poin (0,07 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.799 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah ini terjadi akibat tekanan pada nilai tukar dollar AS terhadap mata uang lainnya.

“Nilai tukar regional termasuk rupiah berpeluang menguat terhadap dollar AS dengan kondisi dollar AS tersebut,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: PSBB Diperketat, Rupiah Berpotensi Anjlok hingga Rp 17.000 Per Dollar AS

Ariston mengatakan, kemarin dollar AS mendapatkan tekanan karena optimisme pasar terhadap outlook ekonomi Eropa yang akan disampaikan oleh Bank Sentral Eropa.

Dia bilang, aset berisiko seperti indeks saham AS berbalik menguat semalam, setelah mengalami kejatuhan yang dalam sehari sebelumnya. Hal ini memberikan sentimen positif pada pergerakan indeks saham Asia pagi ini.

Di sisi lain, pasar masih mewaspadai isu hubungan AS dan China yang memanas dan penghentian sementara pengujian vaksin AstraZeneca yang memasuki uji coba tahap III.

“Kedua isu ini bisa menekan pergerakan aset berisiko kembali,” jelas dia.

Sementara itu, dari dalam negeri isu pemberlakuan PSBB yang diperketat juga bisa menjadi penekan bagi pergerakan rupiah hari ini.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.700 per dollar AS sampai dengan Rp 14.850 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com