Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Dibuka Melemah, Tembus Rp 14.912 Per Dollar AS

Kompas.com - 11/09/2020, 10:04 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang di transaksikan di pasar spot pagi ini dibuka melemah tipis pada Jumat (11/9/2020).

Melansir Bloomberg, pukul 09.14 WIB rupiah dibuka melemah pada level Rp 14.912 per dollar AS.

Rupiah melemah 58 poin atau 0,39 persen dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.854 per dollar AS.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Ditutup Melemah

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah ini terjadi akibat respon pasar terhadap rencana penerapan PSBB secara ketat pada Senin pekan depan.

“Rupiah mungkin masih mendapatkan tekanan hari ini karena isu PSBB Jakarta yang berpotensi melambatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Selain itu, Ariston mengatakan sentimen negatif yang membayangi pergerakan aset berisiko dengan kejatuhan Wall Street semalam juga berpotensi memberi tekanan ke rupiah.

Perdagangan bursa Wall Street kemarin menunjukkan penurunan saham acuan teknologi AS Nasdaq yang mendekati 2 persen. Penurunan Nasdaq tentunya juga menyeret Dow Jones dan S&P 500 yang kemarin ditutup negatif.

Baca juga: IHSG Turun 4,8 Pesen di Sesi I, Rupiah Ikut Melemah

Di sisi lain, perseteruan AS dan China menambah sentimen negatif pasar hari ini. Memanasnya hubungan dua negara ekonomi terbesar ini memberikan tekanan tambahan untuk pergerakan rupiah.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.750 per dollar AS sampai dengan Rp 14.950 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com