Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHK 4.300 Pegawai, CEO Singapore Airlines: Keputusan Terberat dan Menyiksa

Kompas.com - 11/09/2020, 13:28 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

SINGAPURA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Singapore Airlines Ltd (SIA) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.300 orang pegawainya. Angka ini setara 20 persen dari total pegawai yang dimiliki maskapai itu.

PHK terpaksa dilakukan Singapore Airlines lantaran pandemi virus corona berdampak negatif terhadap industri penerbangan.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (11/9/2020), PHK dilakukan terhadap para pegawai Singapore Airlines dan dua maskapai lain yang dinaunginya, yakni Silk Air dan Scoot.

Baca juga: Terdampak Corona, Singapore Airlines Dapat Dana Segar Rp 101,2 Triliun

Dalam pernyataan resminya, pihak Singapore Airlines menyatakan masih dalam pembicaraan dengan serikat pekerja dan kesepakatan akan difinalisasi sesegera mungkin. Singapore Airlines terakhir kali melakukan PHK karyawan ketika wabah SARS melanda tahun 2003 silam.

"Melepas para pegawai kami yang sangat bernilai dan berdedikasi adalah keputusan terberat dan paling menyedihkan yang saya buat sepanjang 30 tahun karier saya bersama SIA," kata CEO Singapore Airlines Choon Phong Goh.

"Beberapa pekan ke depan adalah momen terberat dalam sejarah SIA Group," imbuhnya.

Keputusan yang diambil Singapore Airlines menunjukkan bahwa maskapai terbesar di dunia pun tidak bisa menghindar dari krisis keuangan terbesar dalam sejarah setelah pandemi virus corona memukul bisnis transportasi udara.

Baca juga: Singapore Airlines Laporkan Rugi Bersih Pertama dalam 48 Tahun

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) menyebut, lalu lintas penumpang tidak akan kembali ke kondisi normal sebelum pandemi hingga tahun 2024 mendatang.

Bisnis Singapore Airlines sendiri cenderung rentan karena tidak melayani penerbangan domestik.

Saham Singapore Airlines anjlok 0,6 persen apda pembukaan perdagangan hari ini. Kemarin, saham maskapai tersebut menukik 1,1 persen.

Adapun sejak awal tahun 2020 ini, saham Singapore Airlines telah amblas 45 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com