Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tingkatkan Keterampilan UMKM, Grab Buka Kelas #TerusUsaha Tiap Jumat Malam

Kompas.com - 11/09/2020, 16:17 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam membantu meningkatkan keterampilan digital para pelaku usaha kecil mikro kecil dan menengah (UMKM), Grab meluncurkan program Kelas #TerusUsaha pada Jumat (11/9/2020).

Kelas #TerusUsaha adalah pelatihan gratis bagi jutaan UMKM di Indonesia yang dilakukan secara daring.

Program tersebut merupakan kelanjutan dari berbagai inisiatif #TerusUsaha yang telah dilakukan Grab untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM Indonesia agar dapat bertahan dan bersaing di tengah pandemi.

“Pergerakan dan aktivitas masyarakat di berbagai daerah kini dibatasi dan diperketat kembali. Dengan kondisi ini, layanan digital akan terus diandalkan. Oleh karenanya, Kelas #TerusUsaha kami hadirkan dengan fokus pada berbagai pengetahuan praktis yang bisa langsung diterapkan oleh UMKM,” ujar Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Neneng melanjutkan, melalui inisiatif komprehensif tersebut, pihaknya percaya dapat mempercepat transformasi UMKM dari bisnis tradisional menjadi usaha digital. Dampaknya baik,  mengingat UMKM berperan besar bagi ekonomi Indonesia.

Baca juga: Gandeng Kemenkop UKM, Grab Ingin Perluas Akses UMKM ke Ranah Digital

“Program ini mencakup berbagai inisiatif akselerasi untuk melatih dan membina keterampilan UMKM supaya mereka bisa dikenal dan terus tumbuh dalam ekosistem ekonomi digital,” ucap Neneng.

Para pelaku UMKM dapat mengikuti Kelas #TerusUsaha setiap Jumat pukul 19.00 di kanal Instagram dan Youtube Grab Indonesia. Adapun penyelenggaraannya dibagi menjadi tiga sesi.

Sesi pertama yang diadakan pada Jumat (11/9/2020) mengangkat tema Kelas Fotografi dan Videografi bersama Anton Ismael.

Dalam kelas tersebut, pelaku UMKM akan belajar cara memaksimalkan handphone untuk foto produk dari rumah, mulai dari fitur-fitur yang ada di kamera ponsel, pencahayaan, komposisi, cara mengedit foto, hingga angle foto yang menarik.

Pada sesi kedua, temanya Kelas Desain Logo dan Kemasan bersama Arto Biantoro. Kelas yang akan diadakan pada Jumat (18/9/2020) tersebut akan mengajak pelaku UMKM mengetahui cara membuat logo, memilih kemasan produk, dan tren kemasan produk.

Baca juga: Go Digital, Pemerintah Jatim Ajak UMKM Manfaatkan Program #TerusUsaha Milik Grab

Sesi terakhir Kelas #TerusUsaha akan dilaksanakan pada Jumat (25/9/2020). Kelas ini mengangkat tema Kelas Media Sosial bersama Niko Julius. Dalam kesempatan tersebut, pelaku UMKM akan diajak untuk memaksimalkan sosial media untuk berjualan.

Berbagai hal yang harus dipertimbangkan saat membuat media sosial untuk usaha akan dikupas dalam kesempatan tersebut. Selain itu, ada juga cara menciptakan konten yang menarik, menambah jumlah followers, serta cara membuat caption yang kreatif.

Setiap minggunya, Grab akan memilih ratusan UMKM dengan konten iklan menarik untuk dipromosikan di media sosial dan kanal digital Grab.

UMKM hanya perlu membuat iklan berdurasi 15 detik, mengunggahnya di feed Instagram mereka, dengan menggunakan #TerusUsaha dan tag akun @GrabID.

Baca juga: Riset Tenggara dan CSIS: Teknologi Grab Tingkatkan Peluang Gig Economy Surabaya

Tiga UMKM terpilih dengan iklan paling menarik juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti mentoring pribadi dengan tiga pembicara Kelas #TerusUsaha.

“Saya mengajak seluruh UMKM Indonesia untuk memanfaatkan program Kelas #TerusUsaha dan juga mengunjungi portal www.grabfood.com untuk mendapatkan informasi dan ambil bagian dalam digitalisasi bersama Grab,” kata Neneng.

Selain itu, Grab juga akan membagikan 1.001 tips #TerusUsaha untuk membantu UMKM mengembangkan bisnisnya. Tips ini dapat dilihat di akun media sosial Grab.

Ke depannya, Grab masih mempunyai beragam program lain untuk membantu mempercepat digitalisasi UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com