Kompas.com - 11/09/2020, 16:37 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot melemah pada Jumat (11/9/2020).

Mengutip data Bloomberg rupiah sore ini, rupiah ditutup melemah 35 poin atau 0,24 persen pada level Rp 14.890 per dollar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.854 per dollar AS.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pelemahan rupiah di akhir pekan masih terpengaruh sentimen rencana penerapan PSBB di DKI Jakarta secara ketat mulai pekan depan, yang diumumkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemarin malam.

Baca juga: Cek Kurs Rupiah terhadap Dollar AS di 5 Bank Hari Ini

“Pengumuman tersebut memberikan efek kejut yang sangat dasyat bahkan sekitar Rp 350 triliun dana asing yang ada di pasar finansial kembali ke luar pasar dan bisa saja kondisi lebih parah lagi,” kata Ibrahim.

Ibrahim mengatakan, kebijakan ini sangat bertentangan dengan semangat reformasi ekonomi yang saat ini sedang di dengung-dengungkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia. Kondisi ini dinilai membuat strategi bauran yang sudah berjalan semakin terlihat tidak konsisten.

“Pernyataan blunder tersebut masih bisa dirubah dengan cara mencabut pernyataan PSBB total dan kembali diperpanjangnya masa transisi PSBB. Namun belum dipastikan apakah Anies akan menunda atau merubah kebijakannya.” jelas dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan saat ini pemerintah sedang berfokus terhadap kesehatan masyarakat setelah itu baru pertumbuhan ekonomi. Ibrahim menilai, Anies salah dalam menterjemahkan maksud perkataan Presiden Joko Widodo tersebut.

“Menurut pendapat saya pernyataan Jokowi tersebut di inplementasikan kurang baik, wajar kalau pelaku pasar merespon negatif dengan membawa kabur dananya dan ini sudah terjadi sampai saat ini,” tegas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X