Kompas.com - 11/09/2020, 20:12 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi sejumlah proyek strategis di Labuan Bajo, NTT, Jumat (11/9/2020). Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi sejumlah proyek strategis di Labuan Bajo, NTT, Jumat (11/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, tidak mempermasalahkan masih sepinya kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia akibat pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, pemerintah justru berupaya terus mendorong wisatawan dalam negeri karena peluang tersebut lebih banyak.

"Enggak masalah, wisatawan domestik kita kan banyak," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Baca juga: Menko Airlangga Klaim Kondisi Fasilitas Kesehatan Masih Memadai

Luhut memperkirakan kunjungan wisman ke Indonesua baru akan pulih pada akhir 2021 mendatang.

Luhut menilai potensi wisatawan domestik sangat besar. Terlebih masyarakat Indonesia belum bisa bepergian ke luar negeri secara leluasa karena adannya kebijakan di negara tujuan.

Saat devisa pariwisata mandek, pemerintah berharap pundi-pundi uang justru berputar di dalam negeri. Salah satu yang dilakukan pemerintah yakni dengan menyediakan berbagai infrastruktur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang kita bikin rumah sakit internasional. Itu menghemat mungkin beberapa miliar dollar. Uangnya berputar dalam negeri. Market kita itu besar, ada 73 juta, kelas menengah 55 juta," kata dia.

Baca juga: Jakarta PSBB Total, Pengusaha Minta Anies Izinkan Mal Beroperasi Normal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.