KILAS

Jadi Program Prioritas, SYL Tinjau "Food Estate Hortikultura" Humbahas

Kompas.com - 12/09/2020, 14:05 WIB
Kunjungan kerja SYL di Humbahas, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (11/9/2020).

Dok. Humas Kementan PSPKunjungan kerja SYL di Humbahas, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (11/9/2020).

KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menilai, Food Estate Hortikultura menjadi salah satu Program Super Prioritas Kementerian Pertanian (Kementan) tahun ini.

"Oleh karenanya, kehadiran saya pada hari ini ingin memastikan Food Estate Hortikultura di Humbang Hasundutan (Humbahas) berjalan sesuai rencana," katanya saat melakukan kunjungan kerja di Humbahas, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (11/9/2020).

SYL mengatakan, hasil dari tinjauan terkait kesiapan pemerintah daerah dan masyarakat Humbang Hasundutan tersebut selanjutnya akan dilaporkan kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

Pada kesempatan itu, SYL juga menegaskan, Food Estate di Humbahas akan dikelola secara full mekanisasi.

Baca juga: Harga Tembakau Anjlok, Kementan Singgung Kenaikan Cukai

"Untuk itu, Kementerian Pertanian menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsitan) sebanyak 327 unit," kata SYL seperti dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, SYL mengatakan, alsitan tersebut terdiri dari traktor roda empat sebanyak 25 unit, traktor Roda dua 100 unit, pompa air 100 unit, cultivator 100 unit dan excavator standar 2 unit.

“Saya minta alat dan mesin tersebut bisa dikelola dan disinergikan dengan alat mesin yang saat ini sudah ada, supaya pengolahan lahan bisa lebih cepat,” kata SYL.

SYL juga mengatakan, jika klaster percontohan tahun ini sukses, program serupa akan diterapkan ke daerah-daerah lain di Indonesia.

Baca juga: Siap Dijual Rp 35.000, Kalung Eucalyptus Kementan Tunggu Izin Edar BPOM

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan, dengan mekanisasi, pengolahan lahan Food Estate di Humbang Hasundutan akan berjalan cepat.

“Penggunaan alsintan di pertanian ini sangat membantu. Karena, alsintan membuat kerja petani jauh lebih efisien dan efektif," ujar Edhy.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X