Punya 142 Anak Cucu Perusahaan, Ini Gurita Bisnis Nonmigas Pertamina

Kompas.com - 13/09/2020, 07:10 WIB
General Manager Refinery Unit V Balikpapan Eko Sunarno beserta jajaran melepas kapal MT. Ridgebury Katherine Z yang mengangkut 31,800 kilo liter (KL) produk High Speed Diesel 50 PPM Sulphur (HSD 0.005-%S) menuju Malaysia, Sabtu (5/9/2020) (Dok. Pertamina) General Manager Refinery Unit V Balikpapan Eko Sunarno beserta jajaran melepas kapal MT. Ridgebury Katherine Z yang mengangkut 31,800 kilo liter (KL) produk High Speed Diesel 50 PPM Sulphur (HSD 0.005-%S) menuju Malaysia, Sabtu (5/9/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) jadi perusahaan dengan jumlah usaha yang terbilang sangat kompleks. Perusahaan pelat merah ini memiliki 142 anak dan cucu perusahaan yang jumlahnya paling banyak di antara BUMN lainnya.

Bisnis Pertamina di luar sektor hulu dan hilir migas di antaranya dari properti, ritel, asuransi, hingga maskapai penerbangan. Sejak beberapa tahun belakangan, Pertamina aktif melakukan rebranding, dari perusahaan migas menjadi perusahaan energi.

Berikut daftar gurita usaha Pertamina di luar bisnis utama yang dirangkum dari Annual Report Pertamina dan laman resmi anak-anak usaha milik Pertamina.

1. Hotel

Pertamina memiliki bisnis hotel yang dikelola oleh anak perusahaan PT Patra Jasa. Bukan sembarang hotel, jaringan hotel anak perusahaan ini terbilang cukup besar dengan kelas hotel bintang 4 dan 5.

Baca juga: Pertamina Pastikan Masih Jual Premium dan Pertalite, Tapi...

Beberapa hotel yang dikelola Pertamina antara lain The Patra Bali Resort & Villas, Patra Semarang Hotel and Convention, Patra Comfort Bandung Hotel, Patra Comfort Jakarta Hotel, Patra Comfort Anyer Beach Resort, dan Patra Comfort Parapat Lake Resort.

2. Rumah sakit

Untuk sektor usaha rumah sakit, Pertamina adalah BUMN yang memiliki jaringan terbesar. Pengelolaan rumah sakit Pertamina berada di bawah PT Pertamina Bina Medika.

Rumah sakit Pertamina banyak tersebar di daerah-daerah yang memiliki kantong-kantong karyawan Pertamina cukup besar, seperti Cirebon, Balikpapan, Jakarta, dan Prabumulih.

3. Maskapai penerbangan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X