Cara Mendaftar Kartu Prakerja Jika Dinyatakan Tidak Lolos 3 Kali

Kompas.com - 13/09/2020, 07:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran kartu Prakerja hingga saat ini sudah memasuki gelombang ke-8. Di gelombang ini, ada sebanyak 800.000 peserta yang direkrut.

Dalam tahap perekrutan, tak sedikit peserta yang diterima alias ditolak. Ada berbagai macam alasan mengapa calon peserta dinyatakan tidak lolos mengikuti program ini, bahkan ada banyak peserta yang dinyatakan gagal sampai 3 kali.

Mengutip dari situs resminya, Minggu (13/9/2020), berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin tetap mendaftarkan diri dalam program kartu Prakerja, meskipun sudah dinyatakan gagal sebanyak 3 kali:

Baca juga: Pendaftar Kartu Prakerja Mencapai 15,9 Juta Orang dalam 5 Bulan

1. Anda harus membuat surat pernyataan gagal lolos Prakerja 3 Kali yang dibubuhi dengan materai 6000

2. Contoh format surat pernyataannya bisa dilihat di situs resmi Prakerja

3. Isi surat tersebut dengan benar lalu kirim lewat email ke kepesertaan@prakerja.go.id

4. Setelah itu tunggu konfirmasi yang akan diberikan oleh tim manajemen pelaksana.

Jika Anda dinyatakan lolos, maka Anda harus mengikuti pelatihan online untuk mendapatkan sertifikat sekaligus memberikan ulasan dan penilaian ke lembaga pelatihan tersebut.

Baca juga: Sisa Kuota 2,6 Juta, Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka 4 Gelombang Lagi

 

Jika Anda tidak melakukan pelatihan, maka Anda tidak bisa menerima insentif sebanyak Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

Selain itu pula, untuk mendapatkan insentif ini, Anda harus menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet Anda ke akun Prakerja Anda. Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftar pun juga harus tervalidasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.