Lakukan Ini di Akhir Pekan agar Siap Menyambut Senin Pagi

Kompas.com - 13/09/2020, 10:57 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada ratusan ribu kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu lakukan untuk tetap terinspirasi dan meningkatkan produktifitas. Namun sulit rasanya memutuskan kebiasaan mana yang perlu difokuskan.

Ketimbang bingung, coba ikuti langkah para orang sukses dalam karir ini. Beberapa orang sukses seperti Bill Gates hingga Jeff Bezos punya tips apa yang mesti kamu lakukan di akhir pekan agar hari senin lebih produktif bekerja.

1. Tidur cukup

Tubuh dan otakmu tidak akan bekerja dengan baik jika kamu tidak memberinya istirahat yang cukup. Tim Cook, Bill Gates, Jack Dorsey, dan Jeff Bezos menyatakan, mereka butuh waktu setidaknya 7 jam untuk tidur.

Baca juga: Tak Jadi ke China, Banyak Wisatawan Mancanegara yang Alihkan Liburan ke Bali

Namun tidur 7 jam bagi sebagian orang mungkin susah dilakukan, utamanya jika pekerjaan memaksa memangkas waktu tidur.

Penulis buku tentang bisnis, Benjamin Spall mengatakan, cobalah gunakan akhir pekan untuk mengejar ketertinggalan. Namun jangan menganggap ini sebagai alasan kamu harus tidur terus pada akhir pekan, atau menjadi alasanmu menunda waktu tidur selama hari kerja.

"Ketahuilah bahwa mengejar ketinggalan beberapa jam selama akhir pekan lebih baik daripada tidak sama sekali," kata Spall seperti dikutip dari CNBC Make It, Minggu (13/9/2020).

2. Habiskan waktu bersama yang tersayang

Biasanya pekerja merasa bersalah karena memiliki sedikit waktu untuk bermain bersama keluarga atau teman-teman di hari kerja.

Untuk itu, akhir pekan bisa kamu gunakan untuk sekadar hangout kecil-kecilan, berolahraga bersama keluarga, atau melakukan hal yang produktif bersama-sama di rumah.

"Perlu diingat, jika Anda harus menyelesaikan beberapa pekerjaan selama akhir pekan, usahakan untuk menyelesaikannya pada Sabtu pagi sehingga Anda tidak memikirkannya selama sisa akhir pekan," saran Spall.

3. Susun strategi minggu depan

Orang-orang sukses seperti Bill Gates selalu menyusun strategi untuk minggu depan. Hal ini membuat mereka siap menyambut hari Senin dan tahu apa yang akan dilakukan.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X