Kemenkop Fokus Kembangkan Inkubator Bisnis untuk UMKM

Kompas.com - 13/09/2020, 19:00 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki  dalam acara Percepatan Perputaran Ekonomi Lokal, Launching Bela Pengadaan dan Laman UMKM serta Pasar Digital UMKM secara virtual,  Senin (17/8/2020). DOKUMENTASI HUMAS KEMENKOP UKMMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Percepatan Perputaran Ekonomi Lokal, Launching Bela Pengadaan dan Laman UMKM serta Pasar Digital UMKM secara virtual, Senin (17/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengupayakan adanya inkubator bisnis untuk mendorong agar pelaku UMKM menjadi entrepreneur yang unggul.

Ia menyebutkan, inkubator tersebut bisa dilakukan dengan melakukan edukasi baik kepada pelaku UMKM dan para generasi muda.

“Kita perlu menyiapkan entrepreneur baru terutama dari kalangan anak muda. Saat ini saya kira di berbagai daerah banyak sekali perlu kita bantu edukasi, kurasi produk dan program inkubasi,” ujarnya dalam acara Jogja Gumregah Ekshibisi UMKM Bangkit Merdeka yang disiarkan secara virtual, Minggu (13/9/2020).

Baca juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Diperpanjang hingga 2021, Ini Syarat untuk Mendapatkannya

Menurutnya, selain dengan adanya inkubasi bisnis yang dilakukan dalam bentuk edukasi, perlu juga dilakukan adanya kurasi terhadap produk-produk UMKM.

Maka dari itu, lanjut dia, pihaknya di kementerian akan fokus dalam pengembangan inovasi-inovasi produk UMKM agar bisa bersaing di pasar domestik maupun pasar global.

Baca juga: KPPU Sebut UMKM Sulit Bersaing di E-Katalog Pemerintah

“Ini penting pendekatan yang high touch untuk mendorong UMKM bisa menjadi the great future dari ekonomi Indonesia. Bukan hanya perlu menyiapkan inovasi-inovasi produk brand image dan sebagainya, tapi bagaimana menyiapkan model bisnisnya karena penting model bisnis ini bisa meyakinkan lembaga pembiayaan untuk bisa ikut membesarkan bisnis di UMKM,” jelasnya.

Terkait dengan maraknya pameran-pameran UMKM yang diselenggarakan di berbagai daerah, hal itu diharapkan bisa mendorong perkembangan berbagai inovasi baru yang juga nantinya bisa membangun model bisnis yang bisa membuka peluang pembiayaan yang lebih luas lagi untuk para UMKM.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X