Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop Fokus Kembangkan Inkubator Bisnis untuk UMKM

Kompas.com - 13/09/2020, 19:00 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengupayakan adanya inkubator bisnis untuk mendorong agar pelaku UMKM menjadi entrepreneur yang unggul.

Ia menyebutkan, inkubator tersebut bisa dilakukan dengan melakukan edukasi baik kepada pelaku UMKM dan para generasi muda.

“Kita perlu menyiapkan entrepreneur baru terutama dari kalangan anak muda. Saat ini saya kira di berbagai daerah banyak sekali perlu kita bantu edukasi, kurasi produk dan program inkubasi,” ujarnya dalam acara Jogja Gumregah Ekshibisi UMKM Bangkit Merdeka yang disiarkan secara virtual, Minggu (13/9/2020).

Baca juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Diperpanjang hingga 2021, Ini Syarat untuk Mendapatkannya

Menurutnya, selain dengan adanya inkubasi bisnis yang dilakukan dalam bentuk edukasi, perlu juga dilakukan adanya kurasi terhadap produk-produk UMKM.

Maka dari itu, lanjut dia, pihaknya di kementerian akan fokus dalam pengembangan inovasi-inovasi produk UMKM agar bisa bersaing di pasar domestik maupun pasar global.

Baca juga: KPPU Sebut UMKM Sulit Bersaing di E-Katalog Pemerintah

“Ini penting pendekatan yang high touch untuk mendorong UMKM bisa menjadi the great future dari ekonomi Indonesia. Bukan hanya perlu menyiapkan inovasi-inovasi produk brand image dan sebagainya, tapi bagaimana menyiapkan model bisnisnya karena penting model bisnis ini bisa meyakinkan lembaga pembiayaan untuk bisa ikut membesarkan bisnis di UMKM,” jelasnya.

Terkait dengan maraknya pameran-pameran UMKM yang diselenggarakan di berbagai daerah, hal itu diharapkan bisa mendorong perkembangan berbagai inovasi baru yang juga nantinya bisa membangun model bisnis yang bisa membuka peluang pembiayaan yang lebih luas lagi untuk para UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com