PSBB Masih Warnai IHSG, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 14/09/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diperkirakan akan melemah seiring pemberlakuan PSBB di Jakarta.  Akhir pekan lalu IHSG berhasil menguat 2,56 persen pada 5.016,7, setelah sehari sebelumnya terperosok.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, IHSG masih terimbas sentimen keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terkait pemberlakuan PSBB ketat hari ini.

“Pasar peluang konsolidasi cenderung melemah, penerapan PSBB total di Jakarta menjadi perhatian pelaku pasar. Pernyataan Anies Baswedan tentang penerapan PSBB total menjadi sentimen negatif bagi pasar,” kata Hans, Minggu (13/9/2020).

Baca juga: IHSG Anjlok, Pemerintah Diminta Tidak Saling Menyalahkan

Pekan lalu usai pengumuman rencana PSBB, pasar saham sempat mengalami koreksi cukup dalam sebelum bangkit pada perdagangan Jumat (11/9/2020). Terlihat terjadi aliran dana asing keluar dari Indonesia di tambah pelemahan nilai tukar rupiah.

“Pelaku pasar akan mencermati perkembangan penerapan PSBB total secara ketat, ini diperkirakan akan menganggu pemulihan ekonomi yang sedang terjadi,” tegas dia.

Menurut Hans, bila dana asing masih mengalir keluar dan nilai tukar rupiah masih melemah pelaku pasar perlu berhati-hati akan peluang koreksi lebih dalam.

Hans merekomendaskan agar para pelaku pasar lebih bijak dalam melakukan penjualan ketika pasar menguat. Hal ini penting untuk mengantisipasi dampak negatif penerapan PSBB total pada perekonomian.

Hans memproyeksikan IHSG akan bergerak pada level support 4.950 sampai dengan 4.454 dan resistance pada level 5.084 sampai dengan 5.135.

Berikut rekomendasi teknikal dari tiga perusahaan sekuritas untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia hari ini:

1. Artha Sekuritas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X