Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Pagi Melaju, Rupiah Tertatih-tatih

Kompas.com - 14/09/2020, 09:39 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka positif di awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin (14/9/2020).  Namun nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pagi ini masih tertatih-tatih.

Melansir data RTI, pukul 09.08 WIB, IHSG berada pada level 5.097,7 atau naik 80,98 poin (1,61 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 5.060,02.

Sebanyak 245 saham melaju di zona hijau dan 56 saham di zona merah. Sedangkan 114 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 1,1 triliun dengan volume 1,2 miliar saham.

Adapun bursa saham Asia pagi ini variatif. Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,62 persen, indeks Shanghai Komposit menguat 0,43 persen, dan indeks Nikkei meningkat 0,71 persen. Sedangkan indeks Strait Times turun 0,04 persen.

Baca juga: Cek Kurs Rupiah terhadap Dollar AS di 5 Bank Hari Ini

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini, dibuka menguat tipis. Namun beberapa saat kemudian, mata uang Garuda ini tergelincir ke zona merah.

Melansir Bloomberg, pukul 09.22 WIB rupiah berada di posisi Rp 14.928 per dollar AS, atau melemah 0,25 persen dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.890 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, rupiah berpotensi bergerak menguat hari ini, terdorong sentimen positif membayangi pergerakan aset berisiko.

Indeks saham Asia bergerak menguat dan nilai tukar emerging market juga bergerak menguat terhadap dollar AS.

“Rupiah mungkin bisa menguat terhadap dollar AS mengikuti sentimen ini, setelah kabar penerapan PSBB total (mulai hari ini),” kata Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, sentimen positif datang dari eksternal terkait dengan dimulainya kembali pengujian vaksin Astrazeneca yang sempat terhenti, dan juga penguatan indeks saham berjangka AS, Dow Jones Future karena berita akuisisi Nvidia.

“Sentimen positif ini mengesampingkan konflik AS dan China yang memanas belakangan ini,” tegas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.750 per dollar AS sampai dengan Rp 14.950 per dollar AS.

Baca juga: Rupiah Sore Ini Ditutup Melemah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com