Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Korporasi Besar di AS Bangkrut dan Ajukan Pailit

Kompas.com - 14/09/2020, 14:18 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNN

NEW YORK, KOMPAS.com - Pandemi virus corona (Covid-19) teah menyebabkan resesi di negara, negara di dunia, termasuk Amerika Serikat. Bahkan, perekonomian AS sempat terperosok hingga lebih dari 30 persen secara tahunan pada kuartal II tahun ini.

Banyak perusahaan di Negeri Paman Sam pun mengalami kebangkrutan dan mengajukan pailit akibat tidak mampu bertahan di tengah resesi yang disebabkan pandemi.

Dikutip dari CNN, Senin (14/9/2020) tingkat kebangkrutan perusahaan-perusahaan besar di AS meningkat hingga 244 persen sepanjang Juli hingga Agustus jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Pailit dan Bangkrut

Kondisi tak banyak berubah meski pemerintah setempat serta The Fed telah menggelontorkan berbagai stimulus untuk perekonomian.

Beberapa perusahaan besar yang diketahui telah mengajukan pailit seperti Brooks Brothers, Hertz, California Pizza Kitchen, serta Chuck E, Cheese. Selain itu, masih banyak perusahaan lain yang juga mengajukan hal serupa sejak awal musim panas ini.

Meski demikian, terdapat beberapa korporasi seperti perusahaan dekorasi serta perlengkapan rumah JCPenney yang berhasil mendapatkan investor untuk menyelamatkan perusahaan dari kebangrkutan.

Bank investasi asal Amerika Serikat Jefferies mengatakan terdapat beberapa sektor usaha yang mengalami pukulan cukup hebat dan mengalami lonjakan pengajuan dokumen kepailitan.

Salah satunya, tingkat kebangkrutan di industri aviasi yang meroket hingga 110 persen, sementara di industri minyak dan gas yang meningkat hingga 45 persen. Sementara untuk industri hiburan, jumlah pengajuan dokumen pailit mencapai 22 persen.

Banyak pihak pun menilai, lonjakan kebangkrutan ini belum mencapai puncak.

"Ini belum mencapai titik tertinggi. Titik puncak baru akan terjadi ketika pemerintah mulai menghentikan paket stimulus," ungkap Joseph Acosta, mitra di Dorsey & Whitney yang fokus pada isu kebangkrutan.

Hingga akhir Agustus, pengajuan pailit oleh perusahaan besar, yakni perusahaan dengan nilai liabilitas mencapai miliaran dollar AS, meningkat hingga 120 persen (yoy).

Baca juga: Anak Usaha MNC Grup, Global Mediacom Digugat Pailit ke PN Jakpus

Jumlah tersebut termasuk 34 dokumen pengajuan pailit yang diajukan pada periode Mei hingga Juni.

Di sisi lain, Jefferies mencatat pengajuan pailit cukup kecil dari perusahaan menengah ke bawah. Mereka menduga hal ini terjadi berkat suntikan dana bantuan bagi sektor industri itu dari bank sentral AS, The Federal Reserve.

Asumsi lain, perusahaan skala kecil dan menengah tidak mampu menutup biaya pengajuan pailit.

"Mungkin juga karena ada perbedaan kas/likuiditas yang tidak mencukupi untuk menyewa pengacara kebangkrutan," jelas Analis Perbankan Jefferies, Ken Usdin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com