Kementan Dapat Tambahan Rp 1,72 Triliun untuk Food Estate hingga Swasembada Gula

Kompas.com - 14/09/2020, 18:52 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yassin Limpo melakukan pertemuan virtual Tingkat Menteri ke-35 Konferensi Regional FAO untuk wilayah Asia Pasifik, Rabu (3/9/2020). HUMAS KEMENTANMenteri Pertanian Syahrul Yassin Limpo melakukan pertemuan virtual Tingkat Menteri ke-35 Konferensi Regional FAO untuk wilayah Asia Pasifik, Rabu (3/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian ( Kementan) mendapatkan anggaran belanja tambahan sebesar Rp 1,72 triliun pada tahun ini. Anggaran tersebut bakal digunakan untuk proyek lumbung pangan atau food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng) hingga swasembada gula.

"Kementerian Pertanian pada tahun 2020 ini mendapatkan anggaran belanja tambahan sebesar Rp 1,72 triliun," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Senin (14/9/2020).

Ia menjelaskan, anggaran belanja tersebut untuk mendukung antisipasi kekurangan pangan akibat pandemi Covid-19 sebesar Rp 1,45 triliun. Di antaranya, untuk pengembangan proyek food estate di Kalteng seluas 30.000 hektar dengan nilai anggaran Rp 221,98 milir.

Baca juga: DPR dan Mentan Debat Panas soal Food Estate di Kalteng, Mengapa?

Kemudian mencakup perluasan areal tanam baru (PATB) di 18 provnsi pada komoditas padi seluar 250.000 hektar dengan anggaran sebesar Rp 1,04 triliun. Lalu pengembangan 1.000 desa sapi melalui bantuan sapi pada 5 klaster di 25 desa sebanyak 5.000 ekor.

Lalu pengembangan food estate hortikultura untuk bawang merah, bawang putih, dan kentang di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, dengan anggaran senilai Rp 46,33 miliar.

Sebagian anggaran tambahan juga digunakan untuk kebutuhan mendukung swasembada gula sebesar Rp 137,38 miliar

Selain itu, anggaran tambahan dialokasikan pula untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui kegiatan padat karya rehabilitasi jaringan irigasi tersier (RJIT) dan perbaikan jakan usaha tanu (JUT) senilai Rp 124,21 miliar.

Baca juga: BUMN Klaster Pangan Garap Food Estate Sukamandi Seluas 1.000 Hektar

Dengan demikian pagu anggaran Kementan yang semula sebesar Rp 14,05 triliun menjadi sebesar Rp 15,78 triliun.

"Saat ini sedang dilakukan akselerasi pelaksanaan kegiatan yang sudah dimulai pada awal September 2020, sehingga mulai bulan Oktober laporan perkembangan realisasi kegiatan dan keuangan mengacu pada anggaran baru sebesar Rp 15,78 triliun sudah dapat kita lakukan," papar Syahrul.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X