IHSG Berpeluang Lanjutkan Kenaikan, Cermati Rekomendasi Sahamnya

Kompas.com - 15/09/2020, 08:08 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) diproyeksikan akan lanjutkan kenaikan hari ini. Kemarin IHSG ditutup pada zona hijau di level 5.161,82 atau melonjak 2,89 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, IHSG hari ini berpeluang menguat terdorong oleh sentimen kelanjutan uji coba vaksin corona yang dikembangkan Oxford University dan Astrazeneca.

Selain itu pergerakan saham-saham teknologi di AS terlihat naik, terbukti dari indeks acuan saham teknologi Nasdaq yang ditutup menguat 1,87 poin kemarin. Sementara aturan pengetatan PSBB yang diberlakukan dianggap masih longgar sehingga pasar berpotensi terus melanjutkan penguatan.

“IHSG berpeluang menguat terbatas hari ini, karena terdorong sentimen kelanjutan uji coba vaksin Corona dan kenaikan saham teknologi di AS,” kata Hans kepada Kompas.com, Selasa (15/0/2020).

Baca juga: Direktur BCA Beli Saham BBCA saat Asing Lakukan Aksi Jual

Kenaikan saham Nvidia terjadi usai perusahaan pembuat chip grafis tersebut mengumumkan akuisisi desainer chip Arm Holdings dengan nilai 40 miliar dollar AS. Sementara itu, saham Oracle juga mencatatkan kenaikan keuntungan usai berhasil mengakuisisi TikTok dan mengalahkan pesaingnya, Microsoft.

Sementara itu, rilis data BPS tekait dengan ekspor impor dan juga perkembangan upah pekerja tidak terlalu menjadi sentimen penggerak pasar hari ini.

“Ekspor Impor diperkirakan masih positif bahkan surplus, namun cenderung melambat. Namun di Indonesia upah pekerja tidak telalu berpengaruh (pada pergerakan indeks),” jelas dia.

Hans memproyeksikan IHSG akan bergerak pada level support 5.059 sampai dengan 5.016 dan resistance pada level 5.216 sampai dengan 5.256.

Berikut rekomendasi teknikal dari tiga perusahaan sekuritas untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia hari ini:

1. Artha Sekuritas

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X