Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik, Kimia Farma Sudah Bisa Produksi Avigan

Kompas.com - 15/09/2020, 16:22 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan, PT Kimia Farma telah mampu memproduksi Avigan.

Avigan sendiri merupakan jenis obat yang biasa diberikan kepada pasien-pasien yang terpapar Covid-19.

“Terapi penyembuhan (Covid-19) terus berlanjut. Alhamdulillah kemarin Kimia Farma sudah bisa memproduksi Avigan yang selama ini impor. Masuk kategori Favipiravir,” ujar Erick dalam webinar, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: Erick Thohir Angkat Jenderal Purnawirawan Jadi Komisaris Utama Kimia Farma

Erick mengaku bahwa tak ingin Indonesia terus menerus ketergantungan terhadap impor. Atas dasar itu, keberhasilan Kimia Farma dalam memproduksi Avigan merupakan kabar baik bagi Indonesia.

“Sekarang sudah bisa buat sendiri, karena kita tidak mau terus bergantung kepada bahan baku impor,” kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Selain obat-obatan kimia, lanjut Erick, BUMN farmasi Indonesia juga terus mengadakan riset terkait obat herbal yang bisa digunakan untuk terapi penyembuhan bagi pasien Covid-19.

“Kita juga melanjutkan riset-riset herbal yang bisa membantu tadi, karena itu kita spin off, Indofarma fokus herbal, Kimia Farma untuk kimia dan Bio Farma yang fokus kepada ini semua,” ungkapnya.

Avigan merupakan obat antivirus yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical. Obat tersebut diproduksi oleh Zheijang Hisun Pharmaceutical untuk mengobati virus influenza.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah sudah menyiapkan obat yang diyakini ampuh untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

"Pemerintah juga telah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara untuk bisa mengobati Covid-19 ini sesuai resep dokter," kata Presiden Jokowi lewat siaran live streaming di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3/2020).

Baca juga: Erick Thohir: Kalau Klorokuin Efektif, Kimia Farma Akan Produksi Lagi

Ada dua jenis obat yang disiapkan. Pertama, Avigan dan kedua adalah Kloroquine.

Obat Avigan telah didatangkan sebanyak 500.000 butir. Pemerintah juga tengah memesan 2 juta butir obat tersebut. Sementara, obat Kloroquine, sudah disiapkan sebanyak 3 juta butir.

"Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara dan memberikan kesembuhan," kata Presiden Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com