Profil Komisaris Pertamina: Jenderal Polisi, Pejabat, dan Relawan Jokowi

Kompas.com - 16/09/2020, 08:06 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditemui usai menghadiri diskusi kebangsaan di Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/8/2019). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANMantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditemui usai menghadiri diskusi kebangsaan di Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menyebut posisi petinggi BUMN sangat kental dengan lobi-lobi politik. Dia bahkan mengusulkan Kementerian BUMN dibubarkan saja.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga terang-terangan menyebut posisi komisaris di perusahaan BUMN rata-rata adalah titipan dari kementerian.

"Jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian," kata Ahok seperti dikutip dari tayangan yang diunggah akun Youtube POIN dilihat pada Rabu (16/9/2020).

Lalu bagagaimana dengan pejabat komisaris di Pertanina sendiri?  Selain Ahok, berikut ini profil para komisaris Pertamina seperti dikutip dari laman resmi Pertamina.

Baca juga: Emosi Ahok Soal Utang Pertamina: Otaknya Minjam Duit Terus

1. Ego Syahrial (Kementerian ESDM)

Ego Syahrial merupakan pejabat eselon di Kementerian ESDM. Saat ini Ego menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM.

Sebelumnya, lulusan Teknik Perminyakan Universitas Trisakti ini pernah diplot sebagai Kepala Badan Geologi, lalu Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama ESDM.

Jabatan eselon I lainnya yang pernah didudukinya di kementerian urusan energi tersebut yakni Direktur Jenderal Minyak dan Gas.

2. Budi Gunadi Sadikin (Kementerian BUMN)

Budi Gunadi Sadikin merupakan wajah lama di Kementerian BUMN. Kariernya lama malang melintang di perbankan. Dia adalah mantan Direktur Utama Bank Mandiri.

Baca juga: Ahok Usul Bubarkan Saja Kementerian BUMN, Apa Alasannya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X