Pemerintah Bakal Gandeng Shopee dan DANA dalam Program Kartu Prakerja

Kompas.com - 16/09/2020, 10:00 WIB
Melalui Kartu Prakerja, harapan untuk memerdekakan angkatan pra kerja dari inkompetensi dapat segera terwujud. Ke depan, program tersebut dapat menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan baru. Kompas.comMelalui Kartu Prakerja, harapan untuk memerdekakan angkatan pra kerja dari inkompetensi dapat segera terwujud. Ke depan, program tersebut dapat menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan baru.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal menambah empat platform sebagai mitra pembayaran dalam program Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjelaskan, keempat perusahaan tersebut yakni DANA, ShopeePay, BRI, dan Bank Mandiri.

Keempatnya pun sudah menandatangani nota kesepemahaman dengan PMO untuk menjadi mitra pembayaran dalam program Kartu Prakerja.

"Finalnya nanti, kan masih perjanjian kerja sama. Karena yang memuat hal-hal yang lebih detail, teknis tentang hal dan kewajiban, dan sebagainya itu ada di perjanjian kerja sama," jelas Denni ketika memberikan keterangan melalui video conference, Selasa (16/9/2020).

Baca juga: Ini Strategi Pemerintah Capai Lifting Minyak 1 Juta Barel per Hari pada 2030

Denni pun menjelaskan, keempat platform tersebut pun masih harus melakukan integrasi teknis dengan sistem Kartu Prakerja. Dengan demikian, proses hingga DANA, ShopeePay, BRI, dan Bank Mandiri menjadi mitra pembayaran tidak terjadi begitu saja.

"Jadi sekarang ini dalam proses integrasi untuk kemudian menambah mitra pembayaran baru," jelas Denni.

Di sisi lain, saat ini juga ada lima platform digital baru yang, menurut Denni, akan segera bergabung dengan sistem program Kartu Prakerja.

Namun, untuk menjadi mitra resmi seperti Tokopedia atau Maubelajarapa, proses yang dilalui cukup panjang. Selain itu, untuk menjadi platform digital, persyaratan yang harus dipenuhi cukup berat.

Denni pun tidak memaparkan lebih detail terkait mitra digital yang akan menjadi platform pelatihan program Kartu Prakerja.

"Ada lima calon digital platform yang baru dan sudah MoU kan. Sama seperti mitra pembayaran, administrasi, reputasi, dan pemenuhan persyaratan teknis harus mengamankan data, dan teman-teman digital platform, dan mendapat perizinan Kominfo itu jadi penting. Digital platfom itu mitra yang paling strategis dan requirement-nya berat," ujar Denni.

Baca juga: Rincian Harga Emas Batangan di Pegadaian dari 0,5 Gram hingga 1 Kg



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X