Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bakal Gandeng Shopee dan DANA dalam Program Kartu Prakerja

Kompas.com - 16/09/2020, 10:00 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal menambah empat platform sebagai mitra pembayaran dalam program Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjelaskan, keempat perusahaan tersebut yakni DANA, ShopeePay, BRI, dan Bank Mandiri.

Keempatnya pun sudah menandatangani nota kesepemahaman dengan PMO untuk menjadi mitra pembayaran dalam program Kartu Prakerja.

"Finalnya nanti, kan masih perjanjian kerja sama. Karena yang memuat hal-hal yang lebih detail, teknis tentang hal dan kewajiban, dan sebagainya itu ada di perjanjian kerja sama," jelas Denni ketika memberikan keterangan melalui video conference, Selasa (16/9/2020).

Baca juga: Ini Strategi Pemerintah Capai Lifting Minyak 1 Juta Barel per Hari pada 2030

Denni pun menjelaskan, keempat platform tersebut pun masih harus melakukan integrasi teknis dengan sistem Kartu Prakerja. Dengan demikian, proses hingga DANA, ShopeePay, BRI, dan Bank Mandiri menjadi mitra pembayaran tidak terjadi begitu saja.

"Jadi sekarang ini dalam proses integrasi untuk kemudian menambah mitra pembayaran baru," jelas Denni.

Di sisi lain, saat ini juga ada lima platform digital baru yang, menurut Denni, akan segera bergabung dengan sistem program Kartu Prakerja.

Namun, untuk menjadi mitra resmi seperti Tokopedia atau Maubelajarapa, proses yang dilalui cukup panjang. Selain itu, untuk menjadi platform digital, persyaratan yang harus dipenuhi cukup berat.

Denni pun tidak memaparkan lebih detail terkait mitra digital yang akan menjadi platform pelatihan program Kartu Prakerja.

"Ada lima calon digital platform yang baru dan sudah MoU kan. Sama seperti mitra pembayaran, administrasi, reputasi, dan pemenuhan persyaratan teknis harus mengamankan data, dan teman-teman digital platform, dan mendapat perizinan Kominfo itu jadi penting. Digital platfom itu mitra yang paling strategis dan requirement-nya berat," ujar Denni.

Baca juga: Rincian Harga Emas Batangan di Pegadaian dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com