Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Janji Vaksin Covid-19 di Indonesia Tersedia Desember 2020

Kompas.com - 16/09/2020, 16:43 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, dalam penanganan pandemi Covid-19 vaksin memiliki peranan sangat penting. Ia pun menjanjikan Indonesia akan memiliki vaksin pada Desember 2020.

"Tentu untuk menghilangkan (Covid-19) kita harus menunggu obat dan vaksinnya. Vaksin pertama akan masuk di Indonesia pada awal Dessember 2020, mudah-mudahan bisa lebih cepat," ungkapnya dalam kesempatan launching Bangga Buatan Indonesia Kemendag, Rabu (16/9/2020).

Ia menjelaskan, jika berjalan sesuai rencana maka di akhir tahun sudah bisa tersedia vaksin di Indonesia yang jumlahnya 30 juta-40 juta vaksin Covid-19.

Baca juga: Luhut Mau Lobi UEA Kirim Tambahan 20 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke RI

"Maka critical time kita adalah dua bulan ke depan, san setelah itu nanti kuartal I tahun depan keadaan jadi semakin baik," katanya.

Luhut sendiri mengklaim, saat ini penanganan pandemi Covid-19 secara nasional sudah berjalan dengan sistem yang semakin membaik. Setelah sebelumnya, pada awal kemunculan virus corona di Maret-Mei 2020 banyak kesulitan dalam penanganannya.

"Memang awal-awal Maret, April, Mei kita masih banyak mengalami hambatan. Tapi sekarang sudah semakin tertib penanganannya," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia berharap kondisi perbaikan ini bisa terus berlanjut seiring tersedianya vaksin di akhir tahun nanti. Sehingga, pemulihan ekonomi pun bisa dilakukan.

Baca: Airlangga: Harga Vaksin Covid-19 Asal Inggris Lebih Murah Dibanding China

Menurutnya, pelaku usaha harus bersiap untuk kembali menggenjot kegiatan ekonominya, khususnya bagi pelaku UMKM di Indonesia.

"Oleh karena itu, semua teman-teman di UMKM, ayo siapkan diri kita menghadapi pertandingan yang lebih bebas lagi ke depan," pungkas Luhut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com