Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran Subsidi Bunga KUR Capai Rp 189,82 Triliun

Kompas.com - 17/09/2020, 15:41 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memastikan bantuan subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR) pada masa pandemi Covid-19 terus berjalan. Hingga 15 September 2020, penyaluran subisidi bunga KUR sudah mencapai Rp 189,82 triliun.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) hingga 15 September 2020, subisidi bunga tersebut sudah dinikmati oleh 7,90 juta debitur.

"Dengan baki debet Rp 189,82 triliun," ungkapnya dalam webinar 'Dukungan Pemerintah dan Peranan UMKM Terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional', Kamis (17/9/2020).

Baca juga: Enam Bulan Pandemi, Bagaimana Kondisi Perbankan Nasional?

Menurutnya, jika melihat dari data realisasi penerima KUR menunjukkan penerima aktif terus bertambah, kendati penerima aktif saat ini mencapai 7,25 debitur. Oleh sebab itu, ia menegaskan program subisidi KUR yang diberikan pemerintah terus berjalan.

"Memang harus ada persyaratan administrasi dari bank ke pemerintah untuk dapat bunganya, tetapi bank sendiri sudah berikan pembebasan bunga ke pengusaha-pengusaha UMKM, khususnya debitur KUR," jelas Iskandar.

Selain itu, tercatat realisasi penundaan angsuran pokok paling lama 6 bulan telah diberikan kepada 1,37 juta debitur dengan baki debet Rp 44,67 triliun.

Kemudian relaksasi KUR berupa perpanjangan jangka waktu diberikan telah kepada 1,37 juta debitur dengan baki debet Rp 43,77 triliun.

"Serta penambahan limit plafon KUR diberikan kepada 15 debitur dengan baki debet Rp 2,46 miliar," pungkasnya.

Baca juga: Tidak Semua UMKM Dapat BLT Rp 2,4 Juta, Ini Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com