Intip 5 Cara Aman Investasi Online Reksa Dana dan Saham

Kompas.com - 17/09/2020, 17:42 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Investasi saat ini sudah memasuki era digital, maka dari itu investor perlu mengimbangi kondisi tersebut dengan literasi keuangan yang cukup.

Hal ini penting untuk mewujudkan potensi keuntungan dan meminimalisir potensi kerugian.

Head of Marketing IPOT dari Indo Premier Sekuritas Paramita Sari mengatakan, inovasi investasi di pasar modal Indonesia telah sampai pada titik dimana transaksi saham dan reksa dana sudah 100 persen online dan berbasis aplikasi.

Baca juga: Siap-siap Resesi, Begini Cara Atur Ulang Portofolio Investasi

Investasi saham dan reksa dana kini sudah serba online mulai dari pembukaan rekening efek hingga transaksi jual-beli,” kata Paramita kepada Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Menurut dia, investasi yang kini bisa dinikmati dengan mudah secara daring, terutama pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tentu perlu ekstra kewaspadaan dari pengguna (investor).

“Semakin berkembangnya teknologi, tentu menuntut pengguna untuk semakin smart dalam memilah, memilih dan menggunakan platform online untuk investasi saham dan reksa dana yang sudah sangat marak,” jelas dia.

Sebagai investor yang cerdas, pastikan mewaspadai segala hal yang sekiranya mencurigakan.

Baca juga: Simak, Tips Investasi Reksa Dana Syariah di Masa Pandemi

Adapun 5 tips aman investasi saham dan reksa dana melalui platform investasi online, antara lain sebagai berikut.

1. Memastikan platform online terpercaya

Memilih platform online yang memiliki reputasi baik itu menjadi langkah paling awal yang wajib dilakukan.

Selain dimiliki oleh perusahaan jasa keuangan (sekuritas) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investor harus menyimak testimoni dan review serta rating (biasanya dengan logo bintang) di masing-masing platform online.

“Dengan melakukan Googling yang merujuk testimoni dan diskusi di forum-forum online, bisa menjadi langkah awal untuk memilih platform online dengan reputasi terpercaya,” kata Paramita.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X