"Pilih Mana, Miskin tapi Hidup Apa Kaya tapi Mati?”

Kompas.com - 17/09/2020, 19:07 WIB
Ilustrasi resesi shutterstock.comIlustrasi resesi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly Martawardaya menilai pemerintah tak perlu takut jika ternyata pada Kuartal III 2020 Indonesia mengalami resesi.

Menurut Berly, hal paling penting yang harus dilakukan pemerintah di masa pandemi Covid-19 ini adalah menekan angka penyebaran dan tingkat kematian akibat virus tersebut.

“Jadi engga apa-apa minus, prediksi umum itu 2-3 periode resesinya. Yang penting, yang mati sedikit dan yang tertular juga sedikit. Jadi enggak begitu penting resesi atau tidak. Pilih mana miskin tapi hidup, apa kaya tapi mati?” ujar Berly dalam diskusi virtual, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: Asia Hadapi Resesi Pertama sejak 60 Tahun Terakhir

Sementara itu, peneliti Indef lainnya, Izzudin Farras menambahkan, pemerintah harus berfokus menurunkan angka kematian akibat Covid-19.

“Jadi sangat ditekankan bahwa nyawa manusia tidak ternilai harganya, tidak ada gantinya dengan nilai ekonomi apapun, sehingga itu yang harus diprioritaskan oleh pemerintah pusat,” kata Farras.

Menurut dia, pemerintah tak perlu takut dalam menghadapi resesi. Yang penting, lanjut dia, pemerintah harus bisa meminimalisir dampak resesi terhadap masyarakat.

“Karena PSBB Jilid I saja sudah banyak sekali masyarakat rentan yang jatuh dan kemungkinan masyarakat miskin akan bertambah, apalagi dengan adanya PSBB jilid II,” ungkapnya.

Salah satu saran yang diberikan untuk pemerintah, yakni memperbaiki program bantuan sosial kepada masyarakat. Misalnya, dengan memperbaiki data masyarakat yang rentan miskin.

“Sehingga dengan adanya update mampu menyasar bantuan yang lebih baik kepada masyarakat menengah ke bawah. Khususnya yang rentan dan miskin. Karena yang rentan jumlahnya sangat besar di Indonesia. Puluhan juta orang yang mana saat pandemi itu jatuh ke jurang kemiskinan,” ujarnya.

Baca juga: Ekonomi Terkontraksi 12,2 Persen, Selandia Baru Resesi



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X