Pandemi Covid-19, Manfaatkan Layanan Pembayaran Tanpa Kontak

Kompas.com - 17/09/2020, 20:33 WIB
jumpa pers virtual Bank Mandiri dan Visa , Kamis (17/9/2020). (Tangkapan Layar) KOMPAS.com/ELSA CATRIANAjumpa pers virtual Bank Mandiri dan Visa , Kamis (17/9/2020). (Tangkapan Layar)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bersama dengan perusahaan pembayaran digital yaitu Visa, menghadirkan layanan pembayaran tanpa kontak (contactless payment) yang diperuntukan bagi para penggunanya.

Melalui layanan tanpa kontak dari Bank Mandiri dan Visa, nasabah dapat bertransaksi tanpa perlu menyentuh terminal pembayaran sehingga lebih aman di tengah pandemi Covid-19.

Senior Vice President Credit Card Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Lila Noya mengatakan, layanan contactless payment dilakukan melihat adanya perilaku konsumen yang bergeser signifikan akibat pandemi Covid-19.

Saat ini, konsumen cenderung memilih pembayaran digital dan mengakselerasi inovasi pada industri pembayaran.

Baca juga: Bank Mandiri Bidik Penggunaan Kartu Mandiri Visa Contactless Capai 400.000

“Bank Mandiri sangat menyadari perubahan pola transaksi dan kebutuhan konsumen, khususnya di masa pandemi ini,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Kamis, (1/9/2020).

Sementara itu, President Director PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman menyatakan, kebiasaan pembayaran non-tunai terbentuk secara cepat dan diperkirakan akan tetap diminati di era serba digital saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menyebut, konsumen di Indonesia saat ini sudah semakin terbiasa dengan pembayaran non-tunai akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan studi terbaru kata dia, 62 persen konsumen Indonesia memilih membayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan aplikasi mobile, dibandingkan uang tunai, saat berbelanja kebutuhan esensial di toko akibat pandemi.

"Konsumen menjadi lebih terbiasa dengan perdagangan yang serba digital dan menggunakan pembayaran contactless untuk kebutuhan sehari-hari mereka,” ucapnya.

Baca juga: Subsidi Gaji, Kemnaker Temukan 6.000 Rekening Calon Penerima Tidak Valid

Lebih lanjut ia menjelaskan, apabila masyarakat tertarik menggunakan layanan ini atau ingin mengganti kartu mereka menjadi kartu berteknologi contactless, maka dapat menghubungi Mandiri call center melalui 14000. Setelah dihubungi maka tim Mandiri akan langsung memprosesnya.

Dia juga bilang kartu Mandiri Visa contactless telah menawarkan level keamanan tertinggi yang diberikan ke pengguna kartu berbasis chip EMV.

"Setiap transaksi juga dilengkapi dengan kode sekali pakai (one time password), spesifik per transaksi, sehingga bisa melindungi informasi pembayaran yang sangat sensitif," kata dia.

Baca juga: Dahlan Iskan: Awalnya Saya Setuju dengan Pembentukan Superholding BUMN Secepatnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.