Bus DAMRI Bakal Pasang Alat Ini untuk Kurangi Risiko Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 18/09/2020, 14:37 WIB
Armada bus Damri yang melayani rute Pool Damri Kemayoran ke Bandar Lampung. DOKUMENTASI DAMRIArmada bus Damri yang melayani rute Pool Damri Kemayoran ke Bandar Lampung.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – DAMRI berencana memasang alat Ion Plasmacluster pada setiap armadanya di seluruh Indonesia. Hal tersebut diyakini bisa mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19.

Sebagai pilot project, DAMRI melakukan pemasangan perdana pada 1 (satu) unit bus dahulu.

Dalam siaran pers DAMRI, Jakarta, Jumat (18/9/2020), Direktur Utama DAMRI, Setia N. Milatia Moemin mengatakan, Ion Plasmacluster merupakan teknologi untuk membersihkan udara.

“Kami berharap pelanggan bisa tetap menikmati layanan Bus Sehat DAMRI dengan aman, nyaman dan tetap menghimbau kepada pelanggan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan agar tidak mudah terpapar virus,” kata Setia.

Baca juga: Lelang Mobil Sitaan, Ada Honda Odyssey hingga Toyota Fortuner

Ia melanjutkan, pelepasan plasma digunakan untuk membuat dan melepaskan ke udara ion positif dan negatif yang sama seperti yang terjadi di alam.

Setia mengatakan, dengan Ion Plasmacluster kualitas udara segar terus menerus yang dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi. Dengan begitu, maka siklus udara terjamin bersih.

DAMRI meyakini, saat ion-ion tersebut bersentuhan dengan permukaan spora jamur, bakteri atau virus, berubah menjadi radikal OH dengan sifat oksidasi yang sangat kuat.

Radikal OH disebut langsung mencuri hidrogen (H) dari protein pada permukaan bakteri, menghancurkan protein. Penggabungan radikal OH dengan hidrogen (H) menghasilkan air (H2O), yang kembali ke udara.

Baca juga: Ini Isi Pembicaraan Erick Thohir dan Ahok Soal Pertamina



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X