DPR Apresiasi Kinerja Bea dan Cukai di Tengah Pandemi

Kompas.com - 20/09/2020, 18:17 WIB
Foto dirilis Senin (14/9/2020), memperlihatkan personel Bea dan Cukai memantau kapal yang dicurigai saat melintas di Perairan Selat Malaka. Secara bergantian kapal-kapal patroli dan speedboat personel Bea dan Cukai Kepulauan Riau menjaga Perairan Selat Malaka hingga Laut Natuna dari kejahatan fiskal. ANTARA FOTO/M N KANWAFoto dirilis Senin (14/9/2020), memperlihatkan personel Bea dan Cukai memantau kapal yang dicurigai saat melintas di Perairan Selat Malaka. Secara bergantian kapal-kapal patroli dan speedboat personel Bea dan Cukai Kepulauan Riau menjaga Perairan Selat Malaka hingga Laut Natuna dari kejahatan fiskal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad menyatakan apresiasi terhadap kinerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan di tengah pandemi. Khususnya dalam mengungkap penyelundupan narkoba.

Sejak awal tahun 2020, DJBC telah mengungkap sebanyak 177 kasus penyelundupan narkoba. Angka tersebut meningkat dibandingkan pada tahun 2019 lalu.

"Petugas bea cukai yang berada di lapangan selama masa Covid-19 harus diberikan reward, penghargaan karena kerja melebihi panggilan tugas dengan segala risiko," kata Kamrussamad dalam keterangannya, Minggu (20/9/2020).

Baca juga: Bea Cukai Lelang Bodi Mobil Klasik Mercy 280 CE dan VW Karmann Ghia, Minat?

Ia menyebut, pihaknya juga mendorong agar DJBC terus berupaya meningkatkan penerimaan negara, yakni melaui bea masuk dan bea keluar.

Adapun terkait pengawasan kepabeanan di Bandara Soekarno-Hatta, kata dia, perlu dukungan ekosistem petugas lainnya, antara lain TNI dan Polri, serta petugas karantina, sehingga kinerja semakin baik.

Sementara itu, Finari Manan, Kepala KPU Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta menyampaikan, dalam upaya pemberantasan narkotika ini bukan hanya merupakan tugas aparat hukum seperti petugas bea cukai, melainkan juga dibutuhkan peran aktif masyarakat.

Ini terkait upaya membendung peredaran narkotika dan melindungi generasi penerus bangsa dari penyalahgunaan narkoba.

Baca juga: Bea Cukai: Kasus Ponsel Ilegal PS Store Pelajaran untuk Pelaku Bisnis

"Tidak hanya tegas dalam penegahan barang terlarang, Bea Cukai juga berperan aktif dalam upaya mendukung peningkatan ekonomi nasional, sehingga dalam hal ini, pelbagai upaya penyelundupan yang sangat merugikan negara tidak pandang bulu untuk ditindak," terang Finari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X