Mengintip Total Kekayaan Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Kompas.com - 21/09/2020, 07:06 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Dok. Disdik JabarGubernur Jabar Ridwan Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Ridwan Kamil begitu dikenal luas sejak menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Pria yang disapa Kang Emil ini merupakan pejabat berlatar belakang arsitek.

Sebelum memimpin Bandung, Kang Emil juga sempat menjadi dosen di almamaternya ITB. Pria kelahiran Bandung yang kini berusia 49 tahun ini sempat mendirikan Urbane, sebuah firma konsultan jasa perencanaan dan arsitek pada tahun 2004.

Baru di tahun 2013, Kang Emil terjun ke politik dengan maju menjadi calon Wali Kota Bandung bersama dengan wakilnya Oded Muhammad Danial. Mereka menang telak dengan mengantongi 45 persen suara dan mengalahkan 7 pasangan lainnya.

Banyak sentuhan seni arsitekturnya dalam sejumlah proyek di Kota Bandung selama kepemimpinannya. Yang paling mencolok yakni saat Kota Bandung sukses menjadi penyelenggara Konferensi Asia Afrika (KAA).

Baca juga: Apa Maksud Ridwan Kamil Sebut Rp 300 Triliun Kabur karena PSBB Anies?

Kepopuleran pemimpin daerah berjuluk 'Wali Kota Gaul' ini mengantarkannya terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat ( Jabar). Dia terpilih pada Pilgub Jabar 2018 lalu, berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum.

Mengintip Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN), Ridwan Kamil terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada Desember 2019 sebagai Gubernur Jabar.

Total harta kekayaan yang dilaporkan yakni sebesar Rp 13,54 miliar atau tepatnya Rp 13.548.369.232. Hartanya mengalami kenaikan dibandingkan pada tahun 2013 saat masih awal Wali Kota Bandung yakni sebesar Rp 5,08 miliar.

Kekayaan terbesar suami dari Atalia Praratya ini berasal dari aset properti yang nilainya dilaporkan sebesar Rp 13,46 miliar.

Baca juga: Ridwan Kamil Sindir Jasa Marga Karena Naikkan Tarif Tol Saat Pandemi

Ridwan Kamil tercatat memiliki 13 bidang tanah dan bangunan yang seluruhnya merupakan hasil sendiri alias bukan hibah dan warisan. Properti miliknya banyak tersebar di Kota Bandung.

Kang Kamil juga tercatat memiliki beberapa bidang tanah di lokasi lainnya antara lain Gianyar, Bandung Barat, dan Jakarta Selatan.

Halaman:


Sumber LHKPN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X