Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Teten Optimistis Pahlawan Digital UMKM akan Lahirkan "Local Heroes"

Kompas.com - 21/09/2020, 15:51 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki optimistis program Pahlawan Digital UMKM yang dirintisnya bersama Putri Tanjung bisa melahirkan para Local Heroes alias para pahlawan lokal.

Program Pahlawan Digital UMKM ini didirikan adalah untuk membantu lebih banyak para pelaku UMKM untuk bisa go digital dan bisa naik kelas.

“Platform digital dan inovasi ekosistem digital akan membantu UMKM melakukan konsolidasi dan diagregasi agar lebih mudah terhubung ke market place,”ujarnya dalam jumpa pers virtual, Senin (21/9/2020).

Baca juga: Kemenkop Saring 30 Peserta untuk Program Pahlawan Digital UMKM

Sementara itu penggagas Pahlawan Digital UMKM Putri Tanjung menyatakan sejak program ini diluncurkan hingga sekarang, antusiasme masyarakat khususnya para anak muda cukup tinggi. Ini terlihat dari jumlah para peserta yang mendaftar dalam program ini cukup banyak.


"Mulai dari program ini diluncurkan ada 126 pendaftar yang mengikuti acara ini dan dari angka itu kita seleksi hingga berhasil mengumpulkan 30 inovator digital yang terpilih," katanya.

Dia bilang dari 30 inovator yang sudah dipilih tersebut akan disaring kembali sebanyak 10 inovator untuk mengikuti berbagai pelatihan dan bisa menjadi mitra strategis Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) untuk melakukan digitalisasi UMKM.

Para inovator yang terpilih diantaranya adalah AppOn, Ayowebs, Auto Pilot Store, Boleh.id, Booble.id, Cabang, dan Chatbiz.id. Ada juga CrediBook, Doit BMI, Gets.id, Hey Indonesia, Keroncongantar.com, Klik Direktori, dan Kopral.

 

Baca juga: Dekatkan UMKM ke Investor, Kemenkop UKM Jalin Kerja Sama dengan BKPM

Selain itu, ada Lapak Cerdas, Lowcost Indonesia, Optima UKM, Plaza Dayeuhluhur, Restoku, Soodu.id, Kururio, Finata dan GardhaCatering.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com