Sosialisasi PEN, Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Dipertemukan dengan Bank

Kompas.com - 21/09/2020, 16:11 WIB
Produk kerajinan ekonomi kreatif di Indonesia Dok. KemenparekrafProduk kerajinan ekonomi kreatif di Indonesia
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan sosialisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Fadjar Hutomo mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi para pelaku usaha kreatif di Yogyakarta termasuk UMKM mengenai manfaat dari dana PEN.

Dana PEN merupakan bantuan pemerintah yang diberikan kepada pelaku usaha termasuk UMKM, industri pariwisata, serta ekonomi kreatif dalam bentuk modal kerja bagi usaha yang terdampak Covid-19

Baca juga: Antisipasi Kekeringan, Mentan Minta Petani Terapkan 2 Cara Ini

“Sosialisasi program PEN mempertemukan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya usaha UMKM dengan Himbara dan BPD. Sehingga para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan informasi sekaligus coaching clinic soal bagaimana cara memanfaatkan program stimulus PEN agar dapat kembali bangkit berproduksi dan tumbuh,” kata Fadjar Hutomo, melalui siaran media, Senin (21/9/2020).

Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menghadirkan Himpunan Bank Negara (Himbara) termasuk Bank BNI, BRI, Mandiri dan BTN dan BPD Yogyakarta.

Selain itu, ada lima pemerintah daerah yang turut berpartisipasi, antata lain Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta serta para pemangku kepentingan pariwisata.

Program PEN bertujuan melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama pandemi.

Fadjar berharap, melalui sosialisasi program PEN ini, pelaku usaha diharapkan dapat terbantu dalam meningkatkan kinerja UMKM yang telah memberikan kontribusi pada perekonomian Indonesia.

Baca juga: Bukan Hanya Helm, Spakbor Juga Bukan Aksesori Wajib di Sepeda



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X