Pengguna Tokopedia Donasi Rp 33 Miliar untuk Penanganan Pandemi

Kompas.com - 21/09/2020, 17:06 WIB
Tokopedia Dok. TokopediaTokopedia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna Tokopedia telah menyumbangkan dana sebesar Rp 33 miliar untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Donasi disalurkan ke seluruh Indonesia melalui lembaga sosial terhubung,” ujar Head of Tokopedia Salam Garri Juanda seperti dikutip dari siaran pers, Jakarta Senin (21/9/2020).

Menurut Garri, donasi yang terkumpul sejak Maret 2020 tersebut sudah disalurkan dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD), Ventilator, rapid test gratis, bantuan disinfektan hingga sembako.

Terkait bantuan APD, Tokopedia telah bekerja sama dengan BenihBaik.com, PKPU Human Initiative dan WeCare.id untuk menyalurkan donasi dari pengguna Tokopedia. Bantuan ini telah disalurkan kepada 268 rumah sakit rujukan Covid-19 dan 47 puskesmas di 32 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Bupati Morotai: Indonesia Bagian Timur Miskin karena Tak Pernah Terbangun...

Selain itu, Tokopedia menggandeng Rumah Zakat untuk menyalurkan 54 unit ventilator bagi pasien di rumah sakit rujukan di Medan, Pontianak, Bandung, Solo, Surabaya dan Jakarta.

Adapun penyaluran donasi berupa rapid test gratis dilakukan di 12 kota. Hingga saat ini, ada sebanyak 1.770 penerima manfaat yang telah mendapatkan rapid test gratis tersebut.

Sementara itu, untuk pengadaan CTM (COVID Test Mobile) di 17 provinsi zona merah, Tokopedia mengatakan berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa. 

"Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus, Tokopedia bersama Dompet Dhuafa dan NU CARE-LAZISNU sudah menyemprotkan disinfektan untuk 528 masjid yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia," kata dia.

"Kami juga sudah menggandeng Rumah Zakat untuk membagikan 3.821 paket sembako bagi masyarakat, termasuk pedagang kecil yang terdampak pandemi, di 85 kota di Indonesia," sambungnya.

Baca juga: Ada Sentimen Rencana Produksi Obat Corona, Rupiah Ditutup Menguat



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X