Lewat Program ini, Pertamina Salurkan Rp 3,3 Miliar untuk UMKM

Kompas.com - 22/09/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi UMKM produksi masker non medis. ShutterstockIlustrasi UMKM produksi masker non medis.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) tengah menggelar Pilot Project pendampingan UMKM agar bisa naik kelas.

Melalui program tersebut, hingga pertengahan September ini, perusahaan plat merah itu telah menyalurkan Rp 3,3 miliar untuk bantuan modal usaha UMKM.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, penyaluran modal UMKM tersebut akan terus dilakukan hingga Rp 100 miliar.

Baca juga: Ingin Dapat BLT UMKM Rp 2,4 Juta? Ajukan ke Sini

Adapun wilayah yang telah menerima bantuan modal tersebut antara lain Jawa TImur, Bali, dan DKI Jakarta.

“Sementara sedang dalam proses pemberkasan, sebagian UMKM di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten yang akan segera diselesaikan dalam waktu dekat,” ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis, Selasa (22/9/2020).

Melalui penyaluran modal tersebut, Fajriyah menambah, para pelaku UMKM dapat kembali meningkatkan kinerjanya lagi di tengah pandemi Covid-19.

Selain berupa penyaluran dana modal usaha, program kemitraan juga menggandeng institusi untuk pengembangan usaha yang berisi pendampingan bagi UMKM.

Baca juga: Menkop UKM: Dalam Beberapa Krisis Terakhir, UMKM Hadir Sebagai Pahlawan Ekonomi...

Fajriyah menjelaskan, pendampingan tersebut dilaksanakan secara berjenjang dan akan dimonitor perkembangannya ke masing-masing mitra binaan untuk menilai efektivitasnya.

“Upaya ini merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs). Yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif,” tuturnya.

Paket Program Pilot Project Pendampingan UMKM Naik Kelas ini rencananya akan disalurkan kepada 1.000 UMKM di beberapa wilayah Indonesia. Mencakup Provinsi Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan Barat.

“Upaya ini diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,”ucap Fajriyah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X