Pasca-Banjir Badang, Seluruh Gardu Listrik di Sukabumi Sudah Kembali Beroperasi

Kompas.com - 22/09/2020, 16:55 WIB
Lokasi bencana banjir bandang dengan berlatar belakang Gunung Salak di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (22/9/2020). Banjir bandang menerjang Cicurug, Sukabumi, Senin (21/9/2020) petang. KOMPAS.com/BUDIYANTOLokasi bencana banjir bandang dengan berlatar belakang Gunung Salak di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (22/9/2020). Banjir bandang menerjang Cicurug, Sukabumi, Senin (21/9/2020) petang.

SUKABUMI, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) melaporkan, seluruh gardu terdampak banjir bandang yang melanda Kampung Cibuntu, Desa Pesawahan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, telah kembali beroperasi.

Manager PLN UP3 Sukabumi, Ichwan Sahroni, menjelaskan banjir bandang yang melanda Kampung Cibuntu dan Desa Pesawahan Kecamatan Cicurug, pada Senin (21/9/2020), mengakibatkan 4 gardu PLN tidak dinyalakan.

Lalu, pagi hari ini, Selasa (22/9/2020), PLN telah melakukan pendataan terhadap jumlah peralatan kelistrikan yang terdampak dan upaya yang bisa dilakukan PLN untuk segera memulihkan listrik di wilayah Cicurug.

Baca juga: PSBB Total Jakarta, Pertamina dan PLN Bakal Rugi?

Selain itu, Ichwan mengatakan, sebelum menyalakan aliran listrik, pihaknya telah memastikan bahwa gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman.

PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir.

“PLN menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa.

Baca juga: First Media Perpanjang Kontrak Pemanfaatan Tiang Listrik PLN

Lebih lanjut, ia menyampaikan, penyalaan dilakukan secara bertahap hal ini demi mastikan keselamatan warga.

“Karena kami mementingkan keselamatan jiwa pelanggan, sebelum menyalakan listrik di rumah, warga juga harus berhati-hati, pastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan, karena ini juga berpotensi menyebabkan tersetrum,” ucap Ichwan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X