Sah, Presiden Jokowi Lantik Purbaya Yudhi Sadewa Sebagai Ketua LPS

Kompas.com - 23/09/2020, 12:09 WIB
Purbaya Yudhi Sadewa KOMPAS.com/Sabrina AsrilPurbaya Yudhi Sadewa

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo melantik anggota Dewan Komisioner (DK) Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS) hari ini, Rabu, (23/9/2020).

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 58/M Tahun 2020 tertanggal 20 September 2020 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisioner LPS.

Dalam keputusan itu, Presiden Jokowi mengangkat Purbaya Yudhi Sadewa sebagai anggota DK merangkap Ketua DK LPS, Didik Madiyono sebagai anggota DK LPS, Luky Alfirman sebagai anggota DK LPS, dan Destry Damayanti sebagai anggota DK LPS terhitung mulai tanggal 24 September 2020.

Baca juga: Tangani Bank Sakit, OJK dan LPS Perbarui Kerja Sama

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia pada UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala perarturan perundang-undangan demi dharma bakti saya kepada negara," ucap Purbaya bersama tiga anggota DK LPS lainnya di hadapan Kepala Negara, dalam tayangan langsung kanal Sekretariat Presiden.

Dalam pelantikan, turut hadir pula Wakil Presiden Maruf Amin, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso beserta undangan lain.

Sebagai informasi, sebelum menjadi Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Pria berusia 56 tahun ini lahir di Bogor, 7 Juli 1964. Purbaya merupakan sarjana Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Baca juga: Dipercaya Jokowi Pimpin LPS, Siapa Purbaya Yudhi Sadewa?

Dia kemudian melanjutkan studinya dan memperoleh gelar doktor dari Purdue University, Indiana, Amerika Serikat.

Meski bukan seorang bankir, nama Purbaya malang-melintang di lingkungan pemerintahan. Purbaya sempat menjadi Deputi Staf Kepresidenan.

Sama seperti di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, saat itu Luhut Binsar Pandjaitan juga menjadi atasan langsungnya. Saat menjadi Deputi Staf Kepresidenan, Luhut menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Dengan pelantikan tersebut, berikut adalah susunan Dewan Komisioner LPS.

  • Purbaya Yudi Sadewa, Ketua DK
  • Lana Soelistianingsih Anggota DK, merangkap Kepala Eksekutif
  • Didik Madiyono, Anggota DK
  • Luky Alfirman, Anggota DK ex officio Kementerian Keuangan
  • Destry Damayanti, Anggota DK ex officio Bank Indonesia (BI)
  • Heru Kristiyana, Anggota DK ex officio Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X